digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Boyke Ramdhani .pdf?
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Beranjak dari masih kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa tingkat sekolah menengah di Indonesia, penelitian ini mencoba untuk mencari pengaruh penerapan metode penalaran aljabar, terutama pada aspek pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Metode penalaran aljabar adalah metode sistematis yang membuat siswa mendapatkan pengalaman dalam menggeneralisir pola yang muncul pada permasalahan yang diberikan, untuk kemudian mencoba mengonstruksi suatu formulasi umum yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks. Sebagai sampel diambil 24 siswa yang mewakili kelas IX, X, dan XI di Kota Bandung yang masing-masing dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan metode penalaran aljabar, dan kelas kontrol yang mendapatkan pengalaman belajar melalui metode yang umum diberikan oleh guru di sekolah. Uji Hipotesis A dilakukan untuk mencari pengaruh dari metode penalaran aljabar tersebut. Khusus bagi kelas eksperimen, dilakukan dua kali siklus pemberian metode penalaran aljabar (aljabarisasi). Uji Hipotesis B kemudian dilakukan untuk mencari pengaruh peningkatan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen tersebut. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa upaya aljabarisasi sistematis yang dilakukan pada kelas eksperimen dapat meningkatkan tingkat pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa menjadi lebih baik.