digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya


Bulu tangkis adalah olahraga non-kontak yang membutuhkan frekuensi yang tinggi untuk melompat, lunges, dan cepat dalam mengubah arah gerakan dan kecepatan gerakan tangan dalam varietas posisi. Paper ini menjelaskan perekaman gerakan (motion capture) pemain bulu tangkis yang akan menghasilkan berupa gerakan animasi 3D stickman dari aspek perangkat keras dan user interface sistem motion capture ini. Pada bagian tubuh tertentu pemain bulu tangkis akan ditempelkan marker. Perangkat keras yang digunakan dalam sistem motion capture ini adalah marker active LED dan menggunakan kamera dengan konfigurasi tertentu. Pemain bulu tangkis akan melakukan gerakan seperti halnya pada saat bertanding di lapangan yang akan direkam dengan menggunakan 5 unit kamera. Data yang dihasilkan dari tiap kamera adalah berupa posisi koordinat (x,y) dan akan direkonstruksi 3D menjadi koordinat (x,y,z) dari data 2D tiap kamera. Dari hasil rekonstruksi tersebut dapat digunakan untuk menganalasis kemungkinan cedera punggung yang disebabkan dari gerakan posisi ekstrem yang berulang. Analisis tersebut dilihat dari hasil proses data 3D lebih lanjut menggunakan prinsip kinematika dan kinetika. Proses motion capture tersebut akan disajikan dalam user interface yang telah terintegrasi dari proses kalibrasi intrinsik, kalibrasi ekstrinsik, sinkronisasi frame, rekonstruksi 3D, animasi gerakan, dan analisis. User interface akan menampilkan fungsi-fungsi yang akan mengolah data dari tiap blok yang ada.