Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan instrumen pengukuran yang
digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan
berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau
merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS,
mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektifitas soal HOTS dan
mengetahui karakteristik penyusunan soal HOTS yang baik yang dapat mencakup
semua tipe gaya belajar. Dalam hal ini siswa dikelompokkan berdasarkan gaya
belajar yang sejenis, kemudian diberikan tes berupa soal HOTS serta diberikan
angket, selanjutnya hasil tes tersebut dianalisis dengan menggunakan metode
kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ada keterkaitan antara gaya belajar siswa dengan penyelesaian soal HOTS,
yaitu bergantung pada stimulus yang digunakan pada soal HOTS. Secara
keseluruhan Soal HOTS yang diberikan kepada siswa memiliki karakteristik yang
bervariasi, sehingga dapat dilihat soal mana yang dapat diselesaikan dengan baik
oleh semua tipe gaya belajar siswa dan oleh masing-masing gaya belajar siswa.