digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Sri Yuniar
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektifitas soal HOTS dan mengetahui karakteristik penyusunan soal HOTS yang baik yang dapat mencakup semua tipe gaya belajar. Dalam hal ini siswa dikelompokkan berdasarkan gaya belajar yang sejenis, kemudian diberikan tes berupa soal HOTS serta diberikan angket, selanjutnya hasil tes tersebut dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara gaya belajar siswa dengan penyelesaian soal HOTS, yaitu bergantung pada stimulus yang digunakan pada soal HOTS. Secara keseluruhan Soal HOTS yang diberikan kepada siswa memiliki karakteristik yang bervariasi, sehingga dapat dilihat soal mana yang dapat diselesaikan dengan baik oleh semua tipe gaya belajar siswa dan oleh masing-masing gaya belajar siswa.