digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nurfitriana Muharami
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Nurfitriana Muharami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Bagi pengguna transportasi, lingkungan akustik dapat menjadi faktor penentu kenyamanan, terutama pada kereta jarak jauh dimana penumpang beraktivitas lebih dari 8 jam dalam kereta. Aktivitas yang beragam menimbulkan persepsi kenyamanan lingkungan yang berbeda pada penumpang. Dalam penelitian ini, pendekatan soundscape diimplementasikan untuk mengidentifikasi persepsi terkait lingkungan sonik di dalam kereta jarak jauh. Perekaman suara yang akan diidentifikasi, dilakukan menggunakan mikrofon ambisonik untuk mendapat representasi suara secara spasial. Kemudian, ditentukan keterkaitan antara data perekaman atau pengukuran kebisingan terhadap aktivitas penumpang di dalamnya. Dari hasil penelitian sebelumnya, ditemukan bunyi yang dominan pada kereta jarak menengah adalah suara bogie, bordes, dan suara pengumuman. Suara mekanik kereta dirasa tidak nyaman, sedangkan suara pengumuman dan percakapan dianggap penting untuk didengar. Diharap dari penelitian ini diperoleh identifikasi lingkungan sonik kereta jarak jauh dan aktivitas yang terjadi di dalamnya. Sehingga, dapat ditentukan perlakuan akustik yang tepat untuk meningkatkan kenyaman penumpang sesuai aktivitasnya dalam kereta.