digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bank Syariah adalah bank yang melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah. Di Indonesia dikenal sebagai perbankan syariah, prinsip-prinsip syariah adalah perjanjian berdasarkan hukum Islam. Salah satu kegiatan perbankan syariah yang penting adalah distribusi dana. Distribusi dana di bank konvensional disebut kredit, sedangkan distribusi dana di bank syariah disebut pembiayaan. Kemajuan pangsa pasar perbankan syariah tidak terlepas dari pengembangan dana pihak ketiga (DPK), semakin banyak dana pihak ketiga (DPK), semakin banyak peluang untuk menyalurkan dana ke pelanggan. hal Penting bagi perbankan shariah untuk meningkatkan pangsa pasar dalam ekonomi makro adalah penggunaan berbagai produk dan instrumen keuangan syariah yang dapat memperkuat hubungan antara sektor riil dan sektor perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pangsa pasar pada Bank Syariah di Indonesia. Data bersumber dari laporan triwulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia dari Maret 2008 - Desember 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel panel Ordinary Least Square (OLS) . Hasil penelitian variabel independen pangsa pasar total aset, dan jumlah pangsa pasar kantor berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar pembiayaan dan pangsa pasar Dana Pihak Ketiga, sedangkan proporsi ROA dan FDR berpengaruh signifikan terhadap Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga . Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F pada Pembiayaan pangsa pasar, diperoleh hasil F-hitung> F-tabel (14,899> 2,112) dan probabilitas 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha adalah diterima dan hasilnya Pangsa pasar Dana Pihak Ketiga F-hitung> F-tabel (9,856> 2,112) dan probabilitas 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien determinasi yang diperoleh ditunjukkan dengan nilai r square sebesar 0,798699 atau 79,87%, menunjukkan bahwa sebanyak 79,87% memberikan kontribusi pengaruh dari semua variabel independen terhadap pangsa pasar dana, sedangkan sisanya sebesar 20,13%. adalah kontribusi dari variabel lain di luar penelitian ini. Hasil koefisien determinasi diperoleh yang ditunjukkan oleh nilai r-square sebesar 0,722917 atau 72,29%, menunjukkan bahwa sebanyak 72,29% merupakan kontribusi dari pengaruh semua variabel independen terhadap ekuivalensi dana pihak ketiga, sedangkan tersisa sebanyak 27,71% merupakan kontribusi dari variabel lain di luar penelitian ini.