digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Disertasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi kinerja karyawan Generasi X dan Millenial yang dapat mempengaruhi kinerja mereka di perusahaan dan organisasi. Dengan berfokus pada faktor motivasi berdasarkan teori Maslow, yang mencakup lima dimensi yang berbeda. Dimensi tersebut adalah physiological needs, safety needs, belongingness and love needs, esteem needs, and self-actualization. Rumusan masalah didasarkan pada data dari Badan Pusat Statistik yang menunjukkan pentingnya karyawan Millenial dalam perekonomian Indonesia. Metodologi kuantitatif dipilih dan dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian ini, dengan jumlah 202 responden dengan jumlah responden yang sama antara dua generasi ini, yaitu karyawan Generasi X dan karyawan Millenial di Indonesia. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua generasi, Generasi X dan karyawan Millenial, memiliki faktor motivasi yang sama dengan faktor dominan yang mempengaruhi kinerja pekerjaan mereka, sedangkan faktor motivasi minor berbeda untuk setiap generasi. Tim HRD di sebuah perusahaan disarankan untuk mulai memulai upaya untuk meningkatkan motivasi karyawan mereka dengan berfokus pada faktor aktualisasi diri sebagai tingkat motivasi yang paling menonjol untuk kedua generasi. Dengan melakukan hal itu, perusahaan diharapkan untuk secara efektif mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan.