Article Details

LEADERSHIP CHARACTERISTICS NEEDED BY PERUM BULOG TO OVERCOME THE CHALLENGE

Oleh   Gemilang Ihza Mahardhika [19016175]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Donald C. Lantu, Ph.D.
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Bulog, karakteristik, kepemimpinn, pelayanan, komersial, tantangan
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-09-10 08:42:57

Bulog merupakan Perusahaan milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang pangan. Bulog memiliki tiga fungsi umum, yakni menjaga stabilitas harga pangan, memastikan ketersediaan pangan, dan memastikan keterjangkauan pangan. Meskipun sebagai perusahaan BUMN, Bulog tidak sepenuhnya menjalankan bisnis komersial yang berorientasi pada keuntungan tetapi cenderung lebih menjalankan fungsi pelayanan publik yang dimana Bulog memiliki tugas untuk menyalurkan bantuan pangan dari pemerintah untuk masyarakat miskin. Namun, seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden No.63 tahun 2017 yang memutuskan bahwa bantuan pangan dari pemerintah tidak lagi dikontrol penuh oleh Bulog melainkan diserahkan kepada mekanisme pasar bebas. Ini menjadi tantangan bagi Bulog, karena mereka harus beralih menjadi lebih komersial daripada pelyanan publik, dan harus lebih kompetitif dan mengurangi peran pelayanan publik dalam menghadapi tantangan ini, diperlukan perubahan yang progresif di Bulog, salah satunya perubahan di bidang leadership. Melalui metode wawancara semi-structured kepada beberapa karyawan bulog. Peneliti mengidentifikasi karakter kepemimpinan yang dibutuhkan oleh Bulog guna menghadapi tantangan menjadi perusaahan yang lebih profit oriented. Selain itu, dalam penelitian ini juga membahas apa saja bentuk implementasi yang telah dilakukan oleh Bulog dalam merubah karakter kepemimpinan guna menghadapi tantangan yang dihapi. Peneliti menemukan beberapa karakteristik leadership untuk Bulog seperti berpikiran terbuka, kuat, mampu melihat peluang usaha dengan jeli, berorientasi pada pelanggan, dan disiplin. Selain itu, dalam hal implementasi, Bulog telah mengeluarkan Peraturan Direksi Nomor 05 Tahun 2019 tentang Kamus Kompetensi Manajerial yang dimana dikeluarkan sebagai acuan karakter yang harus dimiliki oleh Bulog untuk menghadapi situasi bisnis yang penuh tantangan dan dinamis.