ABSTRAK Machfudz Sumantri Priasmoro
PUBLIC Alice Diniarti
COVER Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Machfudz Sumantri Priasmoro
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Keuntungan dari kereta sebagai alat transportasi umum adalah dapat mengurangi
kemacetan, penggunaan energi yang lebih sedikit sehingga dapat mengurangi konsumsi
energi global dan juga mengurangi polusi udara, kemudian kereta dapat digunakan untuk
jarak panjang atau pendek. Komponen yang menyusun kereta terdiri dari badan kereta,
bogie, gandar dan lainnya. Komponen axlebox digunakan untuk menghubungkan bogie ke
gandar. Axlebox memiliki fungsi untuk meneruskan gaya dari badan kereta ke gandar.
Axlebox dapat menggunakan material yang lebih ringan untuk mengurangi berat dari
kereta. Material yang akan digunakan adalah aluminium dari yang sebelumnya besi cor.
Tujuan dari tugas sarjana ini adalah menghitung massa, tegangan, faktor keamanan dan
umur lelah dari axlebox dengan material yang berbeda, besi cor dan aluminium.
Analisis statik dan lelah digunakan untuk mengetahui kekuatan dan umur dari
axlebox tersebut. Dari analisis statik menggunakan Ansys, tegangan dapat diketahui dengan
menentukan kasus pembebanan sesuai EN 13749:2011. Hasil tegangan digunakan untuk
menghitung faktor keamanan. Dari analisis lelah menggunakan simulasi nCode dan
pembebanan dari VDV 152:2016, umur lelah juga dapat diketahui.
Dari hasil simulasi, faktor keamanan dari aluminium dan besi cor bernilai diatas 1
sehingga memenuhi standar. Umur lelah minimum dari aluminium adalah 3,958×107 siklus
dan 4,774×1010 siklus untuk besi cor . Oleh karena itu, aluminium dapat dipertimbangkan
untuk mengganti besi cor.