digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Aditya Nur Ikhsan
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Aditya Nur Ikhsan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Aditya Nur Ikhsan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kavitasi pada karakteristik hidrodinamik pada hydrofoil. Parameter penting yang dikaji pada penelitian ini adalah cavitation number. Nilai parameter kavitasi di variasikan sehingga dapat memperoleh kondisi supecavitation, sheet cavitation dan non-cavitating. Analisis fenomena kavitasi dilakukan dengan pmetode dinamika fluida komputasional (CFD) menggunakan software ANSYS Fluent berbasis penyelesaian persamaan RANS dengan model multiphase mixture cavitation dan model turbulen k-? RNG. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kenaikan cavitation number mengakibatkan pengurangan jumlah volume gelembung udara terbentuk. Lokasi mulai terjadinya kavitasi pada cambered hydrofoil MH 115 semakin mendekati leading edge, ketika cavitation number bertambah, sedangkan hydrofoil simetrik NACA seri 16 tetap pada leading edge. Fenomena kavitasi memberikan dampak pada pengurangan efisiensi hidrodinamik. Nilai efisiensi aerodinamika, CL/CD dijadikan sebagai kriteria untuk menentukan jenis hydrofoil yang cocok untuk ROV dengan memperhatikan efek kavitasi.