COVER Robin
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 1 Robin
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Robin
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Robin
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Robin
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Robin
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Robin
PUBLIC Alice Diniarti
Untuk mengatasi semakin tingginya tingkat kepadatan kendaraan di jalan raya
di kota-kota besar di Indonesia, Articulated Bus atau yang dikenal di Indonesia
dengan nama bus tempel merupakan solusi terbaik. Sebagai suatu fasilitas transportasi
umum, articulated bus menuntut tersedianya kenyamanan bagi para penumpang
ketika berada di dalam bus. Salah satu faktor yang berperan penting dalam
mempengaruhi kenyamanan ini adalah perancangan sistem suspensi dengan
karakteristik suspensi yang tepat. Dalam tugas sarjana ini sistem suspensi yang
digunakan adalah sistem suspensi udara.
Perancangan sistem suspensi dilakukan dengan mengkaji dasar teori sistem
suspensi udara, menghitung karakteristik suspensi udara tersebut berdasarkan sistem
dinamikanya dan melakukan pemilihan airbag (kantung udara) yang merupakan
komponen utama dari sistem suspensi udara. Perhitungan analisis sistem dinamik
diperlukan untuk mencari modus getar untuk dapat menghitung karakteristik air
suspension pada articulated bus. Analisis ini diperlukan untuk menentukan nilai
kekakuan pegas dan koefisien peredam pada suspensi pada tiap roda sesuai dengan
kisaran frekuensi kenyamanan manusia. Setelah nilai karakteristik suspensi diketahui,
maka pemilihan airbag (kantung udara) dapat dilakukan dengan memeriksa
spesifikasi airbag pada katalog yang cocok dengan karakteristik suspensi tersebut.
Hasil akhir dalam proses perancangan ini adalah data karakteristik suspensi
berupa nilai kekakukan pegas dan koefisien peredamnya dan juga data spesifikasi
airbag (kantung udara) sebagai komponen utama suspensi udara berupa diemeter air
bag, ketinggian airbag, dan tekanan maksimum yang diperbolehkan di dalam airbag.
Hasil akhir yang diberikan dalam pengerjaan tugas sarjana pada topik ini hanya
berhasil dilakukan secara tertulis, untuk itu kelanjutan untuk memodelkan hasil
perhitungan ini untuk memeriksa apakah hasil analisis ini akurat atau tidak sangat
diharapkan.