digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di industri layanan streaming musik online yang sedang berkembang pesat, industri ini menjadi sangat kompetitif, brand personality hadir untuk menjadi salah satu strategi positioning yang membuat tiap layanan memiliki diferensiasi untuk mendapatkan preferensi pelanggan. Riset ini menginvestigasi kecocokan dari brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan dan brand personality yang diterima oleh pelanggan layanan streaming musik online yang mencakupi Spotify, Joox, Soundcloud, dan Apple Music berdasarkan posting media sosial yang menjadi media penyaluran komunkasi identitas mereka. Selain itu, performa dari tiap kecocokan dari brand personality juga di analisa lebih lanjut. Content Analysis menggunakan WordStat brand personality dictionary dapat menunjukan brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan dan brand personality yang diterima oleh pelanggan dianalisa menggunakan kuisioner Aaker’s Brand Personality Scale. Hasil dari riset membuktikan bahwa layanan streaming musik online dengan tingkat kecocokan brand personality yang tinggi memiliki performa yang lebih baik terhadap preferensi pelanggan dibandingkan dengan merek yang memiliki perbedaan yang signifikan diantara brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan brand personality yang diterima oleh pelanggan, Dalam kata lain penelitian ini memiliki kontribusi literatur bagaimana brand personality dapat memengaruhi preferensi pelanggan Kata Kunci: Brand Personality, Brand Preference