digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Munculnya teknologi industri digital baru yang disebut Industri 4.0 telah mengubah cara perusahaan yang memungkinkan proses yang lebih cepat, lebih fleksibel, dan bahkan lebih efisien. Transformasi digital, seperti yang kita sebut, didorong oleh empat jenis teknologi, yaitu: Internet Mobile, Teknologi Cloud, Internet of Things (IoT), dan Big Data dan Advanced Analysis. Fenomena ini telah mengganggu pemain lama dan membentuk kembali pasar lebih cepat daripada kekuatan apa pun dalam sejarah. Industri real estate adalah salah satu industri yang tidak dapat lepas dari ancaman ini. Munculnya integrasi properti dan teknologi, yang disebut sebagai Proptech, telah mengubah cara industri real estate dalam cara mereka menjalankan bisnis. Dengan perkembangan Proptech, ada kebutuhan dalam mengubah proses bisnis tradisional menjadi proses yang lebih cepat tanpa mengurangi kehati-hatiannya. Belajar dari InvesProperti, sebuah perusahaan investasi real estate, bahwa diantara semua teknologi properti yang ada, tipe mana yang akan lebih cocok di Indonesia. Untuk menemukan model bisnis yang sesuai, analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan Roadmap to the digital transformation of business model dengan berbagai fase dan kegiatan. Deskripsi industri real estate, Property Technology, Milenial, dan ekosistem digital dilakukan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang industri real estat, pelanggan, dan teknologi digital. Kerangka PEST digunakan untuk menganalisis faktor eksternal perusahaan. Analisis internal dilakukan dengan menjabarkan model bisnis yang ada dan melakukan analisis pada rantai nilai. Melalui fase Roadma tersebut, diperoleh beberapa opsi kombinasi diperoleg untuk model bisnis masa depan. Kemudian kombinasi itu dievaluasi sesuai dengan beberapa kriteria. Hasil analisis bahwa ada dua jenis model bisnis yang cocok yang dapat diimplementasikan di Indonesia. Model bisnis pertama adalah pinjaman peer-to-peer untuk uang muka dan pembayaran sewa dimuka kepada pembeli dan penyewa rumah. Model bisnis kedua adalah real estate marketplace dan manajemen penyewaan, termasuk penjualan, pembelian, penyewaan, dan manajemen penyeawaan yang menargetkan pelanggan Millenial