Hybrid-AUV ITB adalah wahana bawah air yang dihasilkan oleh gabungan glider
bawah air dan AUV (Autonomous Underwater Vehicle) konvensional. Pada model
sebelumnya, total gaya hambat wahana adalah 20 N pada kecepatan cruising 1,5 m/s dan
1,28 N pada kecepatan gliding 0,35 m/s. Model ini memiliki bentuk seperti torpedo dengan
sayap tanpa sudut swept. Thruster pada model sebelumnya memiliki fairing jenis terbuka.
Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi desain Hybrid AUV-ITB untuk
mengurangi gaya hambat wahana. Beberapa modifikasi dibuat seperti penambahan baju pada
badan utama, pemberian sudut swept pada sayap, dan mengubah fairing terbuka menjadi
tertutup. Model 3D wahana disimulasikan secara numerik dengan piranti lunak komputasi
fluida dinamis ANSYS Fluent.
Model yang baru menunjukkan penurunan gaya hambat sebesar 8.7% dibandingkan
model sebelumnya pada kondisi cruising. Penurunan gaya hambat total pada kondisi gliding
mencapai 29.4% dibandingkan desain sebelumnya. Penurunan gaya hambat terbesar terjadi
pada komponen badan utama. Konsumsi energi pada Hybrid-AUV ITB akan berkurang
karena penurunan gaya hambat baik pada kondisi cruising maupun gliding.