Article Details

PENERAPAN ALAT PEMASARAN DIGITAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MAKANAN SEHAT BUGAR

Oleh   Tantri Damar Prastuti [29117438]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.rer.pol. Eko Agus Prasetio ST., M.B.A
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Makanan Sehat, Salad Buah, Bugar, Pemasaran Digital, Instagram
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-08-14 11:34:26

Bugar merupakan produk makanan sehat dari Bandung yang berdiri sejak Februari 2018. Bugar hadir sebagai salah satu solusi dari permasalahan masih kurangnya konsumsi buah dan sayur di Indonesia. Produk dari Bugar adalah salad buah dengan isian berbagai macam buah, berbagai macam pilihan topping dilengkapi dengan kuah salad yang berupa yoghurt. Bugar menjalankan aktivitas penjualan melalui media online yaitu sosial media Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki tingkat interaksi yang tinggi dibandingkan dengan media sosial yang lain. Namun seiring berjalannya perusahaan Bugar, jumlah penjualan setiap bulannya tidak mencapai target. Padahal, beberapa strategi pemasaran di Instagram sudah dilakukan. Maka dari itu, pada riset ini akan dilakukan percobaan terhadap beberapa alat pemasaran dan aktivtias Instagram untuk mengetahui apakah alat dan aktivitas Instagram tersebut dapat meningkatkan kesadaran pelanggan dan penjualan. Penelitian ini menggunakan studi literature sebagai referensi, kuesioner, wawancara, serta didukung data yang diambil melalui percobaan menggunakan alat pemasaran digital Instagram dan aktivitas promosi di Instagram. Analisa yang dilakukan adalah analisa internal, analisa eksternal serta percobaan alat dan aktivitas Instagram. Analisa internal terdiri dari analisa bauran pemasaran, analisa STP dan pemasaran sosial media. Sedangkan analisa eksternal terdiri dari analisa pasar, analisa pelanggan dan analisa pesaing. Percobaan alat digital pemasaran menggunakan Instafilosky, Konek Supplier, dan Instagram Ads. Untuk aktivitas pemasaran Instagram diantaranya promosi berbayar, promosi melalui selebriti Instagram, diskon, dan testimonial. Untuk mencari tahu hasil dari penerapan alat dan aktivitas Instagram, peneliti menggunakan teori Jalur Pelanggan dari Hermawan Kartajaya yang diukur menggunakan beberapa metrik. Berdasarkan hasil pengimplementasian alat dan aktivitas Instagram, didapatkan hasil bahwa alat pemasaran Instagram tidak dapat membantu meningkatkan penjualan, namun bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran. Untuk meningkatkan penjualan, lebih efektif dengan mencari pelanggan secara organik. Adapun solusi bisnis yang ditawarkan yaitu meningkatkan jumlah testimonial pelanggan (eWOM), memelihara pelanggan loyal, mengoptimalkan Instagram Ads, memilih selebgram atau food blogger dengan benar, dan mencari pelanggan secara organic dengan cara memperluas distribusi penjualan seperti membuka toko offline, menjadi partner Go Food, dan konsinyasi. Untuk menjalankan solusi tersebut, penulis membuat rencana kerja, biaya yang diusulkan dan estimasi hasil yang akan didapatkan.