Bugar merupakan produk makanan sehat dari Bandung yang berdiri sejak Februari 2018. Bugar hadir
sebagai salah satu solusi dari permasalahan masih kurangnya konsumsi buah dan sayur di Indonesia. Produk
dari Bugar adalah salad buah dengan isian berbagai macam buah, berbagai macam pilihan topping
dilengkapi dengan kuah salad yang berupa yoghurt.
Bugar menjalankan aktivitas penjualan melalui media online yaitu sosial media Instagram. Hal ini
dikarenakan Instagram memiliki tingkat interaksi yang tinggi dibandingkan dengan media sosial yang lain.
Namun seiring berjalannya perusahaan Bugar, jumlah penjualan setiap bulannya tidak mencapai target.
Padahal, beberapa strategi pemasaran di Instagram sudah dilakukan. Maka dari itu, pada riset ini akan
dilakukan percobaan terhadap beberapa alat pemasaran dan aktivtias Instagram untuk mengetahui apakah
alat dan aktivitas Instagram tersebut dapat meningkatkan kesadaran pelanggan dan penjualan.
Penelitian ini menggunakan studi literature sebagai referensi, kuesioner, wawancara, serta didukung data
yang diambil melalui percobaan menggunakan alat pemasaran digital Instagram dan aktivitas promosi di
Instagram. Analisa yang dilakukan adalah analisa internal, analisa eksternal serta percobaan alat dan
aktivitas Instagram. Analisa internal terdiri dari analisa bauran pemasaran, analisa STP dan pemasaran
sosial media. Sedangkan analisa eksternal terdiri dari analisa pasar, analisa pelanggan dan analisa pesaing.
Percobaan alat digital pemasaran menggunakan Instafilosky, Konek Supplier, dan Instagram Ads. Untuk
aktivitas pemasaran Instagram diantaranya promosi berbayar, promosi melalui selebriti Instagram, diskon,
dan testimonial. Untuk mencari tahu hasil dari penerapan alat dan aktivitas Instagram, peneliti
menggunakan teori Jalur Pelanggan dari Hermawan Kartajaya yang diukur menggunakan beberapa metrik.
Berdasarkan hasil pengimplementasian alat dan aktivitas Instagram, didapatkan hasil bahwa alat pemasaran
Instagram tidak dapat membantu meningkatkan penjualan, namun bisa digunakan untuk meningkatkan
kesadaran. Untuk meningkatkan penjualan, lebih efektif dengan mencari pelanggan secara organik. Adapun
solusi bisnis yang ditawarkan yaitu meningkatkan jumlah testimonial pelanggan (eWOM), memelihara
pelanggan loyal, mengoptimalkan Instagram Ads, memilih selebgram atau food blogger dengan benar, dan
mencari pelanggan secara organic dengan cara memperluas distribusi penjualan seperti membuka toko
offline, menjadi partner Go Food, dan konsinyasi. Untuk menjalankan solusi tersebut, penulis membuat
rencana kerja, biaya yang diusulkan dan estimasi hasil yang akan didapatkan.