berdasarkan survei dari Bank Indonesia dan Asosiasi Pengecer Indonesia (APRINDO). Warung adalah
salah satu jenis ritel di Indonesia dan sebagian besar milik usaha mikro kecil menengah (UMKM).
Mereka menghadapi masalah yang terkait dengan saluran distribusi yang panjang, mengelola inventaris,
dan mengatur akuntansi yang kacau. Sebuah permulaan dalam tahap awal hanya memiliki prototipe dan
kurangnya catatan keuangan karena belum menghasilkan pendapatan apa pun. S-MART sebagai
perusahaan baru didirikan pada tahun 2018 yang mencoba membantu warung mengelola saham,
mempersingkat saluran distribusi dan mengatur catatan keuangan dan stok yang dipesan melalui
platform digital untuk warung sehingga mereka akan memiliki keunggulan kompetitif.
Studi ini bertujuan untuk membantu S-MART memperkirakan nilai perusahaan untuk menjadi daya
tawar dalam upaya mencari modal dan sumber pembiayaan yang sesuai untuk mereka. Penelitian ini
menggunakan dua metode penilaian yaitu metode Berkus dan Scorecard. Data yang dikumpulkan
berasal dari wawancara dengan CEO S-MART dan menemukan kesepakatan pembiayaan awal yang
sama sebagai data yang sebanding.
Hasilnya menunjukkan metode erkus menghasilkan penilaian USD1.526.500 dan metode Scorecard
menunjukkan USD 1.333.240. Untuk tahap awal, seperti S-MART, Berkus dan Scorecard lebih disukai
karena kurangnya informasi mengenai catatan keuangan yang membuat sulit untuk menentukan faktor
input yang tepat seperti tingkat pertumbuhan, biaya modal, dan asumsi keuangan mendasar lainnya
untuk memperkirakan proyeksi keuangan di masa depan.. Sumber pendanaan yang paling tepat untuk
S-MART adalah Angel Investors atau modal Venture yang biasanya memiliki minat dalam membiayai
bisnis tahap awal yang berisiko yang membutuhkan sejumlah besar modal untuk pengembangan
mereka. S-MART telah menghasilkan ide yang solid dan memvalidasinya. Tim disarankan untuk
bekerja tim penuh dan fokus pada pengembangan bisnis dan yang paling penting adalah mereka harus
segera melaksanakan rencana mereka dengan strategi dan perencanaan yang jelas.