digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Aria Adrian
PUBLIC Alice Diniarti

Skywalk membantu pergerakan pejalan kaki untuk lebih mudah menjangkau antarbangunan tanpa harus naik turun tangga namun, kondisi tersebut memberikan permasalahan di berbagai tempat yang memiliki toko retail yang berjualan di lantai dasar karena sebagian pejalan kaki memilih untuk menggunakan skywalk dan menjadi pusat aktivitas baru bagi pejalan kaki sehingga mengurangi pendapatan toko retail. Keberadaan skywalk ini diharapkan dapat memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki. Skywalk Teras Cihampelas memberikan daya tarik baru bagi masyarakat Kota Bandung. Pengaruh daya tarik baru ini diperkirakan akan mendatangkan pengunjung lebih banyak ke Cihampelas. Namun, dengan kondisi tanpa tempat parkir yang memadai maka akan menambah permasalahan baru yaitu kelancaran lalu lintas yang semakin menganggu di sepanjang koridor Cihampelas. Adanya rencana untuk memperpanjang skywalk sepanjang 400m – 600m, padahal sampai saat ini belum ada evaluasi pasca pembangunan skywalk untuk menilai dampak dari pembangunan Skywalk Teras Cihampelas, selain itu pembangunan skywalk ini tidak memiliki feasibility study di sekitar area Cihampelas. Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama mengevaluasi desain pasca pembangunan (ex-post) karena tidak ditemukan rencana rancangan skywalk dan penilaian kelayakan. Kedua, yaitu menilai seberapa dampak dan manfaat karena belum diketahuinya dampak dari pasca pembangunan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, diawali dengan melakukan pengumpulan informasi mengenai tujuan dari skywalk, kemudian mencari variabel yang akan dinilai melalui pengujian statistik sederhana. Pada penelitian ini yang dilakukan untuk penelitian ini adalah berjenis evaluatif. Hasil penilaian evaluasi desain berdasarkan normatif dengan persepsi dari pengguna dan yang terkena dampak pembangunan terdapat perbedaan di beberapa kriteria. Secara keseluruhan hasil penilaian evaluasi dampak sosial bernilai netral, hasil penilaian evaluasi dampak ekonomi bernilai netral dan hasil penilaian evaluasi dampak lingkungan bernilai positif rendah.