ABSTRAK Azzahra Almadelia Rinaldi
PUBLIC Taupik Abidin 2019 TS PP AZZAHRA ALMADELIA R 1 - FULL TEXT.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin
Dengan sedang berkembangnya teknologi perbankan baru di Indonesia, yaitu perbankan digital,
menarik perhatian peneliti untuk melihat penerimaan pelanggan terhadap niat untuk menggunakan
teknologi baru tersebut dikarenakan kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan teknologi
bank konvensional. Penelitian empiris ini bertujuan untuk menentukan faktor mana yang paling
berpengaruh terhadap penerimaan layanan digital banking di Indonesia dengan menambahkan satu
faktor baru yaitu kepercayaan. Tujuan utamanya adalah untuk melihat pengaruh dari kepercayaan
terhadap penerimaan pelanggan teknologi digital banking di Indonesia. Penelitian ini mengadaptasi
model dari Venkatesh, et al al., yaitu UTAUT 2 yang memiliki tujuh konstruk utama yang memengaruhi
niat perilaku untuk menggunakan teknologi dan penggunaan aktual teknologi tersebut dalam konteks
konsumen. Juga dalam penelitian sebelumnya model dari Armida (2008) yang menambahkan factor
kepercayaan. Di penelitian ini konteks penggunaan actual dan variable moderasi tidak akan digunakan.
Selain itu, dalam penelitian ini juga akan menentukan segmentasi dari perbankan digital yang ada di
Indonesia. Perbankan digital di penelitian ini termasuk Jenius dan juga Digibank. Penelitian ini akan
menggunakan metode kuesioner online dan juga wawancara yang akan di analisis menggunakan Partial
Least Square (PLS) -SEM dan juga coding. Batasan untuk responden yaitu pengguna perbankan digital
yang berumut 17-50 tahun dan tinggal di daerah Jabodetabek atau Bandung. Dalam penelitian ini ada
443 orang yang mengisi kuesioner dan mewawancara 20 orang. Hasil dalam penelitian ini menunjukan
bahwa faktor motivasi hedonis, kebiasaan, dan kepercayaan mempunyai hasil yang signifikan terhadap
niat perilaku untuk menggunakan. Sedangkan ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial,
nilai harga, kebiasaan, dan kondisi fasilitasi tidak memiliki hasil signifikan terhadap niat perilaku untuk
menggunakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengguna perbankan digital
dan agar produk baru dapat berkompetisi di dalam pasar.