digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ninda Yulia Dewi
PUBLIC Taupik Abidin


Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan di industri makanan cepat saji menjadi lebih kompetitif dan intens. Hal ini, mendorong merek makanan cepat saji untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Salah satu perhatian utama adalah loyalitas pelanggan, khususnya loyalitas pelanggan generasi muda yang merupakan bagian besar untuk segmen pelanggan merek makanan cepat saji. Hal tersebut menjadi lebih signifikan karena Generasi Z kurang berkomitmen pada merek makanan cepat saji. Beberapa penelitian menyiratkan bahwa dalam persaingan bisnis yang ketat, perlu untuk menciptakan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan di antara pelanggan Generasi Z dalam memilih restoran cepat saji. Penulis telah menganalisis hubungan antara variabel terkait yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya seperti Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Akulturasi Budaya Konsumen Global, dan Loyalitas Pelanggan. Data yang diperlukan dikumpulkan dengan survei melalui penyebaran kuesioner online ke 361 pelanggan makanan cepat saji Generasi Z melalui media sosial. PLS-SEM digunakan untuk keperluan analisis penelitian ini, dikarenakan tujuan penelitian yang bermaksud untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel. Hasil penelitian ini dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan pada bidang pemasaran merek makanan cepat saji mengenai loyalitas pelanggan.