COVER Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Rully Medianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Guna mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas penerbangan yang tinggi telah
dilakukan upaya-upaya peningkatan pelayanan bandara baik di sisi darat maupun
sisi udara. Pada sisi udara, salah satu peningkatan pelayanan yang dilakukan
dengan pengembangan prosedur kedatangan pada Terminal Airspace. Diperlukan
sebuah metode yang mampu menganalisis kinerja prosedur penerbangan Terminal
Airspace sebagai dasar peningkatan kinerja pelayanan sistem bandara secara
umum.
Dalam Tesis ini akan dipaparkan pengembangan model simulasi yang selanjutnya
dipergunakan untuk menganalisis prosedur penerbangan Terminal Airspace
khususnya untuk prosedur kedatangan. Model dibangun dengan konsep model
simulasi diskrit berbasis kejadian. Prosedur kedatangan yang akan dianalisis
adalah prosedur kedatangan untuk penerbangan instrumen yang disebut Standard
Terminal Arrival Routes (STAR) dengan contoh kasus adalah STAR pada
Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Model simulasi yang dibangun berupa
model stokastik yang diharapkan mampu menyerupai karakteristik lalu lintas
penerbangan yang sesungguhnya.
Parameter tingkat kinerja pelayanan Terminal Airspace yang akan dianalisis di
dalam Tesis ini adalah kapasitas dan keterlambatan. Analisis dilakukan terhadap
beberapa skenario simulasi seperti penggunaan konfigurasi landas pacu dan waktu
antar kedatangan yang berbeda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis prosedur kedatangan dapat
dilakukan dengan menggunakan model simulasi diskrit berbasis kejadian. Hasil
analisis tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan
pengelola bandara guna perencanaan upaya-upaya peningkatan keselamatan
penerbangan dan kapasitas bandara. Model simulasi ini juga dapat dikembangkan
dengan memasukkan operasi kebarangkatan serta digunakan untuk menganalisis
elemen sisi udara bandara lainnya seperti Runway, taxiway dan apron.