digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Wiki Koffie adalah salah satu kedai kopi paling terkenal di Bandung yang terletak di sebuah situs bersejarah, Jalan Braga. Saat ini Wiki Koffie menghadapi masalah internal dan eksternal seperti kurangnya sumber daya manusia dan juga lingkungan yang kompetitif di Jalan Braga, Wiki Koffie perlu melakukan manajemen strategis untuk hidup berdampingan di antara para pesaingnya. Namun, penelitian ini berfokus pada tahap pertama manajemen strategis, yaitu pemindaian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan contoh tahap pertama dari proses manajemen strategis. Pemindaian lingkungan merupakan bagian penting dalam manajemen strategis. Pemindaian lingkungan mengungkapkan faktor internal dan eksternal yang dapat membantu ahli strategi perusahaan untuk merumuskan strategi demi masa depan yang ideal bagi perusahaan. Peneliti menggunakan 2 jenis data untuk melakukan penelitian ini, data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara, survei kualitatif, dan pengamatan. Di sisi lain, data sekunder didapatkan dari koran online, jurnal, dan buku. Seperti yang diketahui, pemindaian lingkungan dibagi menjadi dua bagian utama yaitu pemindaian faktor internal dan pemindaian faktor eksternal. Ada beberapa alat yang digunakan untuk menganalisis data. Alat pemindaian faktor eksternal adalah analisis PESTLE, Porter's Five Forces, Marketing Mix dan tabel EFAS. Sementara itu, alat pemindaian faktor internal adalah analisis sumber daya & kemampuan,VRIN framework, analisis rantai nilai, dan tabel IFAS. Setelah data dianalisis, data ditafsirkan menggunakan IE Matrix. Penelitian ini menunjukkan bahwa Wiki Koffie memiliki faktor internal dan eksternal yang dapat mendukung dan membahayakan bisnis mereka. Faktor internal dari Wiki Koffie adalah kekuatan dan kelemahan. Kelebihannya adalah lokasi strategis, harga terjangkau, citra branding yang kuat, resep rahasia kopi dan kue, dan pelayanan pelanggan. Kelemahannya adalah tempat yang ramai, tidak banyak variasi menu, pelayanan pengiriman yang panjang karena kurangnya sumber daya manusia, manajemen persediaan, dan penurunan kualitas produk. Faktor eksternal adalah peluang dan ancaman dari Wiki Koffie. Peluangnya adalah berkembangnya permintaan pasar terhadap konsumsi kopi, membuka cabang baru, meningkatkan menu inovasi, memanfaatkan teknologi dalam bisnis, dan aturan pemerintah yang mendukung industri kopi. Ancamannya adalah kedai kopi dengan konsep yang berbeda, bencana alam, kenaikan harga kopi, dan perubahan permintaan dan tren di antara pelanggan. Dari matriks IE, diketahui bahwa Wiki Koffie adalah bisnis dengan posisi tinggi dengan nilai total Skor tertimbang IFE dari 3,6 dan Skor tertimbang Total EFE 3,35. Wiki Koffie diharapkan dapat melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Di sisi operasional, perusahaan harus berfokus pada backward integration, forward integration, dan horizontal integration. Wiki Koffie dianjurkan untuk melanjutkan proses manajemen strategis berikutnya yaitu perumusan strategi. Peneliti juga memberikan beberapa rekomendasi pada masalah manajemen persediaan, kurangnya sumber daya manusia, dan inovasi produk untuk mendukung kegiatan bisnis Wiki Koffie di Masa Depan.