Tujuan – Tujuan dari studi ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi kemauan dari pemberi dana untuk mendanai dalam equity
crowdfundin dengan menerapkan teori motivasi.
Desain/metodologi/pendekatan – Studi ini menggunakan pendekatan penelitian
induktif dan metode campuran. Studi dimulai dengan studi netnografi untuk
mendapatkan faktor-faktor apa yang memotivasi para pendukung untuk
berpartisipasi dalam proyek crowdfunding. Diikuti oleh penciptaan hipotesis
yang perlu diuji secara kuantitatif.
Hasil – Temuan studi ini mengungkapkan bahwa terdapat 3 faktor penting yang
memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemauan untuk mendanai di
platform equity crowdfunding, yaitu kesenangan, inovasi pelanggan, dan hadiah.
Pengaruh dari orang sekitar dan platform memberikan pengaruh positif yang
signifikan untuk percaya pada kemauan untuk mendanai proyek dalam platform
equity crowdfunding.
Keterbatasan Penelitian – Terbatasnya jumlah sampel yang menyulitkan proses
verifikasi. Juga jenis crowdfunding yang diteliti tidak cukup beragam.
Implikasi Akademik dan Praktis – Studi ini menambah literatur di bidang
penelitian crowdfunding, juga penggunaan netnografi dalam penelitian
crowdfunding. Studi ini juga memberikan wawasan untuk platform crowdfunding
guna meningkatkan jumlah proyek dan kontribusi pada setiap proyek
menggunakan teori motivasi.
Originalitas – Studi ini unik karena menggabungkan penggunaan netnografi dan
metode kuantitatif.