digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Teresia Debby
PUBLIC Taupik Abidin

Tujuan – Tujuan dari studi ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan dari pemberi dana untuk mendanai dalam equity crowdfundin dengan menerapkan teori motivasi. Desain/metodologi/pendekatan – Studi ini menggunakan pendekatan penelitian induktif dan metode campuran. Studi dimulai dengan studi netnografi untuk mendapatkan faktor-faktor apa yang memotivasi para pendukung untuk berpartisipasi dalam proyek crowdfunding. Diikuti oleh penciptaan hipotesis yang perlu diuji secara kuantitatif. Hasil – Temuan studi ini mengungkapkan bahwa terdapat 3 faktor penting yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemauan untuk mendanai di platform equity crowdfunding, yaitu kesenangan, inovasi pelanggan, dan hadiah. Pengaruh dari orang sekitar dan platform memberikan pengaruh positif yang signifikan untuk percaya pada kemauan untuk mendanai proyek dalam platform equity crowdfunding. Keterbatasan Penelitian – Terbatasnya jumlah sampel yang menyulitkan proses verifikasi. Juga jenis crowdfunding yang diteliti tidak cukup beragam. Implikasi Akademik dan Praktis – Studi ini menambah literatur di bidang penelitian crowdfunding, juga penggunaan netnografi dalam penelitian crowdfunding. Studi ini juga memberikan wawasan untuk platform crowdfunding guna meningkatkan jumlah proyek dan kontribusi pada setiap proyek menggunakan teori motivasi. Originalitas – Studi ini unik karena menggabungkan penggunaan netnografi dan metode kuantitatif.