digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC karya

adalah salah satu penyumbang karbondioksida terbesar. Sel bahan bakar berbasis hidrogen adalah alternatif sumber energi yang ramah lingkungan. Dalam penggunaan sel bahan bakar hidrogen untuk transportasi, beberapa penelitian melakukan kombinasi sel bahan bakar dengan baterai dan superkapasitor karena sel bahan bakar memiliki dinamika yang lambat. Baterai dan superkapasitor dapat digunakan saat merespon perubahan beban yang lebih cepat, dengan superkapasitor yang paling cepat. Kombinasi dengan baterai dan superkapasitor juga dapat digunakan untuk fungsi pengeremen regeneratif. Dalam mengombinasi ketiga sumber, disusun konfigurasi tertentu yaitu setiap sumber terhubung ke konverter DC kemudian outputnya dihubungkan secara paralel ke bus DC untuk mensuplai beban. Baterai dan superkapasitor menggunakan konverter dua arah untuk dapat mengoperasikan pengereman regeneratif. Untuk menjaga sel bahan bakar, baterai, dan super kapasitor bekerja di bawah daerah kerja yang aman, dirancang sistem manajemen sumber energi berbasis filter, kontrol bus tegangan DC, dan kendali model prediktif yang digunakan untuk menghasilkan sinyal pensaklaran optimal konverter yang dapat meminimalkan kerugian switching. Sistem yang dirancang telah disimulasikan dalam MATLAB/ Simulink, kemudian diuji dengan mengimplementasikannya dalam hardware in the loop simulation (HILS). HILS terdiri atas simulator sumber energi yang dijalankan di PC serta manajemen energi dan MPC pada perangkat keras Raspberry Pi. Sistem yang dirancang menunjukkan kemampuan untuk mengelola arus sumber dan menjejaki tegangan bus DC. Pengaruh penambahan horizon MPC dalam sistem ini adalah dapat mengurangi riak arus sehingga akan dapat mengurangi kerugian pensaklaran konverter. Dengan horizon prediksi 5, riak arus yang direpresentasikan arus peak-to-peak dapat dikurangi hingga 3.52 A.