adalah salah satu penyumbang karbondioksida terbesar. Sel bahan bakar berbasis
hidrogen adalah alternatif sumber energi yang ramah lingkungan. Dalam
penggunaan sel bahan bakar hidrogen untuk transportasi, beberapa penelitian
melakukan kombinasi sel bahan bakar dengan baterai dan superkapasitor karena sel
bahan bakar memiliki dinamika yang lambat. Baterai dan superkapasitor dapat
digunakan saat merespon perubahan beban yang lebih cepat, dengan superkapasitor
yang paling cepat. Kombinasi dengan baterai dan superkapasitor juga dapat
digunakan untuk fungsi pengeremen regeneratif.
Dalam mengombinasi ketiga sumber, disusun konfigurasi tertentu yaitu setiap
sumber terhubung ke konverter DC kemudian outputnya dihubungkan secara
paralel ke bus DC untuk mensuplai beban. Baterai dan superkapasitor
menggunakan konverter dua arah untuk dapat mengoperasikan pengereman
regeneratif. Untuk menjaga sel bahan bakar, baterai, dan super kapasitor bekerja di
bawah daerah kerja yang aman, dirancang sistem manajemen sumber energi
berbasis filter, kontrol bus tegangan DC, dan kendali model prediktif yang
digunakan untuk menghasilkan sinyal pensaklaran optimal konverter yang dapat
meminimalkan kerugian switching. Sistem yang dirancang telah disimulasikan
dalam MATLAB/ Simulink, kemudian diuji dengan mengimplementasikannya
dalam hardware in the loop simulation (HILS). HILS terdiri atas simulator sumber
energi yang dijalankan di PC serta manajemen energi dan MPC pada perangkat
keras Raspberry Pi. Sistem yang dirancang menunjukkan kemampuan untuk
mengelola arus sumber dan menjejaki tegangan bus DC. Pengaruh penambahan
horizon MPC dalam sistem ini adalah dapat mengurangi riak arus sehingga akan
dapat mengurangi kerugian pensaklaran konverter. Dengan horizon prediksi 5, riak
arus yang direpresentasikan arus peak-to-peak dapat dikurangi hingga 3.52 A.