Abstrak
PUBLIC karya
COVER Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Gregorius Arthur Widianto Praj
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Seiring dengan berbagai tantangan dunia seperti permasalahan bahan bakar fosil dan lingkungan,
riset dan pengembangan berbagai teknologi terus berkembang. Salah satunya adalah kendaraan
listrik (Electric Vehicle). Pada era ini, salah satu masalah pokok dari kendaraan listrik adalah
penyimpanan energi, khususnya penggunaan baterai. Oleh karena itu, teknologi penyimpnan
energi dan transfer daya terus dikembangkan, ada dengan metode kabel (plug in) dan dengan
transfer daya nirkabel (wireless power transfer). Dalam beberapa kasus, wireless power transfer
memiliki beberapa keunggulan, karena lebih aman, fleksibel, dan dapat digunakan ketika
kendaraan berada di jalan. Akan tetapi, masih ada beberapa kendala dalam pengembangannya
karena faktor efisiensi yang rendah, metode kontrol yang sulit, serta jarak transfer daya yang masih
pendek.
Atas dasar itu, karya tulis ini berusaha mengembangan suatu sistem wireless power transfer (WPT)
dengan menggunakan teknik induction power transfer (IPT), khususnya pada komponen konverter
AC-DC. Tugas akhir ini akan membahas desain konverter tersebut sebagai bagian dari
keseluruhan sistem bersama 2 (dua) penelitian lainnya, yaitu kopling magnetik dan konverter ACAC.
Konverter ini menerima masukan dari kopling magnetik berupa tegangan AC frekuensi tinggi
(100kHz) lalu menyearahkan tegangan untuk fungsi pengisian baterai kendaraan listrik.
Pemodelan dan simulasi pada penelitian ini dilakukan pada software PSIM dan MATLABSimulink.
Konverter menggunakan penyearah dioda jembatan penuh dilanjutkan dengan
konverter DC-DC tipe buck untuk mengatur modulasi tegangan, dilanjutkan dengan rangkaian
baterai sebagai beban. Pada pemodelan dilakukan pula kendali terhadap arus dan tegangan
menggunakan 2 buah single loop control.