digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC karya

COVER Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Intan Qonitah
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

Pertumbuhan teknologi finansial di Indonesia berdasarkan data Asosiasi Penyelenggaram Jasa Internet Indonesia (APJII) per Februari 2018 dikatakan meningkat sebesar 71% selama 10 tahun terakhir. Hal tersebut merupakan potensi yang besar terhadap tumbuhnya berbagai inovasi teknologi dibidang jasa keuangan atau dikenal dengan istilah finance technology (fintech). Crowdfunding merupakan salah satu jenis fintech dengan metode pendanaan yang memungkinkan masyarakat dapat melakukan ‘patungan’ untuk mewujudkan kepentingan sebuah proyek tertentu. Dari berbagai sektor lingkungan pengaplikasian fintech, sektor perguruan tinggi di Indonesia menjadi sektor yang belum terambah oleh fintech, oleh karena itu penulis melakukan sebuah penelitian akan kebutuhan hadirnya teknologi finansial bagi mahasiswa di lingkungan kampus. Dalam hal ini kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi lokasi untuk penelitian penulis. Pada hasil survey, terdapat fakta bahwa 92% dari 75 mahasiswa yang mengisi survey mengalami kesulitan dalam mendapatkan bantuan finansial untuk berbagai aktivitas kemahasiswaan. Hasil survey juga mengatakan bahwa 100% mahasiswa setuju akan hadirnya sebuah fintech dikampus dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa tersebut. Tugas akhir ini membahas mengenai perancangan proses bisnis yang layak berdasarkan studi kelayakan usaha dan perancangan desain platform android crowdfunding untuk pendanaan kegiatan mahasiswa yang memiliki quality of user experience yang baik. Metode yang dilakukan adalah mengidentifikasi peluang pasar, survey pasar, perancangan aplikasi, pembuatan aplikasi, serta pengujian, penyempurnaan dan evaluasi. Luaran dari tugas akhir ini berupa rancangan proses bisnis yang telah layak dijalankan berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha dan sebuah platform berupa aplikasi android yang dibuat menggunakan aplikasi bernama Android Studio juga Firebase untuk database. Aplikasi ini oleh penulis diberi nama ‘Danus.in’ yang merupakan aplikasi mobile teknologi finansial pertama dalam kampus untuk kegiatan mahasiswa.