digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP ADELIA MULIAWAN 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Mengingat dampak globalisasi, tren gaya hidup sehat telah memengaruhi gaya hidup Indonesia. Salah satu pengaruh dalam sistem ekonomi adalah masuknya serangkaian fesyen yang disebut Athleisure. Merek H&M internasional yang semakin berkembang, Stradivarius, Pull and Bear, dan Zara di Indonesia, telah menjadikan masyarakat, terutama wanita mengenakan Athleisure sebagai streetwear sejak tahun 2015-2019. Era modern membuat generasi muda Indonesia, yaitu generasi Z melupakan warisan tekstil Indonesia, salah satunya adalah Ulos Toba , kain tenun Batak dari Sumatra khususnya di daerah Danau Toba. Ketidakbiasaan kain tenun Batak ini dapat dianalisis melalui pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk wawancara dan studi literatur. Ketidaktahuan Ulos Toba dapat disosialisasikan melalui kampanye pemasaran terpadu, dengan menyediakan poster mode di Instagram yang memberikan informasi mengenai Ulos Toba sebagai inspirasi, membuat video yang memperkuat storytelling kampanye, dan juga menciptakan komisi kecil seperti Product tag custom dan workshop visual diary serta menggunakan jasa Key Opinion Leader untuk memikat audiens dan menginspirasi mereka.