digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Syifa Nurfallah
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Syifa Nurfallah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak mengembangkan kemampuan motorik , sosial, kreativitas dan lain sebagainya. namun sayang sekali menurut penelitian yang dipaparkan oleh Psikolog kenamaan Olivia saputro, M.Psi pada tahun 2018 mengatakan bahwa permainan Tradisional sekarang mulai terlupakan dan tergantikan oleh permainan-permainan lain seperti permainan digital. akibatnya nilai-nilai dan manfaat yang ada dalam permainan tradisional tidak ditanamkan pada anak-anak. faktor penyebabnya antara lain adalah karena anak-anak tidak diajarkan untuk bermain dan mengetahui permainan Tradisional jawa barat. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat mengedukasikan kepada anak tentang macam-macam permainan tradisional dan cara bermainnya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk merancang media animasi dua dimensi dengan konten permainan tradisional Jawa Barat untuk siswa SD kelas 1-3. riset menggunakan data kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, Observasi, dan Studi literatur. berdasarkan data, anak-anak sekarang jarang memainkan permainan tradisional karena tidak ada yang mengajarkan cara bermain permainan tradisional. sementara hasil analisis pendekatan melalui media animasi dinilai cocok untuk siswa SD. untuk memotivasi anak, Animasi dua dimensi dirancang dengan tema Adventure yang lucu.