digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP WAHYU ARIENDA KUSUMANTIKA 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Pengemasan adalah sesuatu yang menutupi dan melindungi produk dari debu atau keruskan apapun serta untuk memberi tahu konsumen bahwa produk tersebut berbeda dari produk lain. Kemasan juga dapat mempertahankan kualitas produk seperti pada makanan dan membatu produk agar bertahan lebih lama. Pengemasan adalah sesuatu yang penting dari sebuah produk. Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik. Batik Pekalongan telah diekspor ke negara lain. Tapi batik pekalongan dijual cukup murah karena kemasannya kurang meyakinkan konsumen. Para produsen berpendapat bahwa pengemasan tidak penting, sehingga kebanyakan dari mereka tidak ingin mengeluarkan uang untuk mendesain kemasannya. Hanya merek-merek dari batik ternama yang mendesain kemasan produk batik mereka. Kemasan tidak hanya untuk mengemas sesuatu, tetapi juga sebagai pembeda dari produk pesaing lainnya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung, target pasar Batik Bulan adalah dewasa muda dan dewasa. Mayoritas pembeli barasal dari masyarakat kelas menengah sampai menegeh atas. Kebanyakan pembeli adalah dari golongan wanita dan berasal dari luar Kota Pekalongan. Mereka membeli kain batik untuk hadiah dan oleh-oleh dari luar kota pekalongan. Dalam mengkaji rancangan ini, digunakan metode penelitian melaluui pendekatan deskriptif yaitu dengan mengkaji objek penelitian sesuai dengan peristiwa yang terjadi untuk membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai hubungan antar fenomena atau kejadian yang diselidiki. Sedangkan metode pengumpulan data melalui wawancara, survei, kuesioner dan studi literatur. Kesimpulan dari perancangan kemasan kain batik pekalongan adalah dengan menjadi beda, beda dari kompetitor lainnya. Caranya dengan membandingkan desain kemasan yang dibuat dengan kemasan kompetitor lain. Desain kemasan yang baik juga dapat meningkatkan nilai jual batik serta menambah rasa bangga serta memiliki dari konsumen terhadap batik yang dibeli. Desain kemasan yang baik juga sebagai pemberian apresiasi dari penjual kepada konsumen batik itu sendiri. Desain kemasan juga dapat memberikan arti atau menyampaikan visi misi suatu brand terhadap konsumen. Kemasan yang baik merupakan kemasan yang dapat diterima masyarakat serta dapat bertahan lebih lama di pasaran.