digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ulfah Musyfah
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

Konstruksi Bandar Udara Adi Soemarmo Solo membutuhkan pekerjaan timbunan untuk mencapai elevasi rencana 127.0 mdpl. Pada Airside bandara yang meliputi runway, taxiway, dan apron bandara tersebut akan bekerja beban operasional yaitu beban pesawat sebesar 15 kN/m2 dan beban perkerasan sebesar 19,58 kN/m2. Kondisi eksisting tanah berupa tanah lempung lunak hingga keras yang masih memiliki potensi mengalami penurunan konsolidasi. Tanah lempung cenderung memiliki daya dukung yang rendah dan waktu penurunan konsolidasi yang relatif lama. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk meningkatkan daya dukung tanah dan metode untuk mempercepat waktu selesainya konsolidasi. Hasil analisis menunjukkan metode yang paling optimal adalah metode Prefabricated Vertical Drain dan Preloading. Konsolidasi pada tanah tanpa bantuan PVD akan memakan waktu 4 hingga 51 tahun. Sedangkan jika menggunakan bantuan PVD waktu bisa dipercepat menjadi 40 hari. Untuk perkuatan tanah dilakukan preloading sehingga beban yang akan dikenakan pada tanah akan semakin besar dan meningkatkan daya dukung tanah. Pada sisi landside dilakukan perancangan pondasi tiang pancang. Perancangan dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan software LPILE dan GROUP.