digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT IT First adalah perusahaan rekrutmen Indonesia yang berspesialisasi dalam industri Teknologi Informasi (TI). Dalam industri ini, perusahaan perekrutan juga dikenal sebagai headhunter. PT IT First memiliki masalah untuk berkomunikasi dan meningkatkan keterlibatan dengan pakar TI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan untuk menarik para pakar TI. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi pemasaran terpadu. Lingkungan eksternal dan internal dianalisis untuk mendukung dasar penelitian. Analisis eksternal mencakup tinjauan industri, analisis PEST untuk tinjauan lingkungan umum, analisis pesaing, dan analisis konsumen. Kuesioner online digunakan untuk mendapatkan wawasan para pakar IT. Aktivitas pemasaran PT IT First saat ini dianalisis untuk mengetahui apakah mereka melakukan apa yang diharapkan oleh para pakar TI. Hasil analisis mengidentifikasi bahwa kegiatan PT IT First saat ini tidak memiliki tim khusus pemasaran. Media yang mereka gunakan untuk promosi dan iklan tidak populer bagi para pakar TI untuk mencari pekerjaan. Sebagian besar pakar TI tidak tahu tentang layanan headhunter dan banyak dari mereka menggunakan grup Facebook untuk berkomunikasi online. Situs web pesaing lainnya memiliki fitur yang lebih baik daripada PT IT First. Sebagian besar pesaing memiliki lebih banyak pengikut di media sosial dan keterlibatan yang lebih baik. Berdasarkan analisis, solusi yang diajukan adalah menggunakan grup facebook dan situs web sebagai saluran komunikasi. Isi pesan berfokus pada tawaran pekerjaan dengan ruang lingkup kerja dan tanggung jawab yang jelas, dan testimoni kepuasan pelanggan PT IT First.