2019_TS_PP_RIRI ASTARINA DESI RAHMANINA_1-Abstrak.pdf)u
PUBLIC Yose Ali Rahman Riri Astarina Desi Rahmanina_29117189_Full Thesis.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi mengenai masalah yang
dihadapi oleh WOODKA dalam mencapai target penjualan yang ditetapkan pada
produk terbaru mereka yaitu jam tangan ‘Kinu’.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian gabungan antara
kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari Forum Group Discussion
sebagai bentuk eksplorasi dalam menentukan faktor yang mempengaruhi pembelian
dan menghasilkan tiga faktor utama yaitu atribut produk, kualitas produk dan persepsi
nilai yang mana hal ini juga didukung oleh beberapa jurnal. Kemudian kuesioner
sebagai metode kuantitatif untuk memverifikasi hasil tersebut. Kuesioner dibuat
dengan program survei online yang hasilnya juga dianalisis. Data sekunder
dikumpulkan dari literatur topik terkait, dan data primer dikumpulkan dari survei
pasar. Hasil dari kuesioner menyatakan kualitas produklah yang sangat berpengaruh
terhadap pembelian. Kemudian kesadaran pelanggan atas jam tangan ‘Kinu’ juga
masih rendah dan jam tangan ‘Kinu’ juga memiliki persepsi nilai yang rendah.
Dengan berbagai analisis yang dilakukan baik secara internal maupun eksternal,
internal meliputi STP perusahaan saat ini, Bauran Pemasaran, dan Ansoff Matrix
sedangkan analisis eksternal meliputi analisis Lima Kekuatan Porter, Analisis VALS,
Analisis Pesaing, dan Analisis Konsumen, maka strategi pemasaran yang tepat untuk
jam tangan ‘Kinu’ adalah iklan berbasis produk, pemasaran digital, promosi penjualan,
dan redesain produk. Dengan menerapkan strategi ini, jam tangan ‘Kinu’ diharapkan
dapat meraih target penjualannya.