digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis layanan purna jual merupakan bagian dari strategi Original Equipment Manufacturers (OEM) untuk memperkuat kinerja keuangan perusahaan. Banyak perusahaan multinasional beroperasi diberbagai negara untuk melayani layanan purna jual. PT. Voith Paper sebagai anak perusahaan dari Voith adalah perusahaan yang melayani bisnis layanan purna jual mesin pembuat kertas. Langkah pertama didalam bisnis purna jual suku cadang adalah memberikan jawaban terhadap permintaan penawaran yang diberikan oleh pelanggan dalam bentuk kutipan penawaran, respon cepat terhadap proses menjawab permintaan penawaran merupakan tolak ukur responsifitas pada tahap kritis dalam perjalanan pelanggan. Memberikan jawaban yang cepat terhadap permintaan penawaran dalam bentuk kutipan penawaran memiliki tantangan terutama bagi perusahaan yang bertindak sebagai unit operasi untuk melayani bisnis layanan purna jual. Tantangannya adalah ketersedian data, informasi harga yang sudah tidak diperbaharui atau tidak tersedia, kualitas permintaan penawaran itu sendiri dan proses maupun orang yang terlibat dalam organisasi yang mendukung bisnis tersebut. Untuk mengatasi tantangan dalam proses penawaran bisnis suku cadang menjadi lebih cepat beberapa alternatif solusi dengan pendekatan lean leadership dan lean digital diberikan. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk memilih dan memberikan gambaran solusi alternatif terbaik dan hasilnya untuk meningkatkan kecepatan proses kutipan penawaran suku cadang pada bisnis layanan purna jual adalah menggabungkan alternatif solusi lean leadership dan lean digital.