digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti

Dalam dunia otomotif, material yang ringan dan kuat sering dicari untuk meningkatkan efisiensi energi yang digunakan. Selain dari ringan dan kuat, material tersebut harus mempunyai ketahanan erosi yang cukup baik karena banyaknya partikel abrasif yang dapat meguras permukaan komponen. Dengan memadukan aluminium dan nikel, kekuatan dari logam tersebut meningkat dan lebih tahan erosi sehingga paduan ini dapat menjadi material alternatif untuk komponen kendaraan. Spesimen yang digunakan pada penelitian ini adalah paduan aluminium dan nikel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh dari penambahan nikel terhadap sifat dan ketahanan erosi aluminium. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan spesimen Al, Al-Ni, Al-Ni rolled 4% dan diuji dengan menggunakan pengujian air jet erosion. Hasil dari pengujian ini berupa pengurangan berat logam dan akan dikonversikan menjadilaju aus. Hasil dari pengujian ini adalah Al-Ni alloy mempunyai nilai laju aus yang terkecil dan Al-Ni rolled 4% mempunyai nilai laju aus yang terbesar. Paduan Al- Ni mempunyai laju aus yang terkecil karena adanya fasa Al3Ni pada logam yang membuat logam menjadi lebih keras sehingga partikel alumina sulit untuk mengikis permukaan logam tersebut. Sedangkan logam Al-Ni rolled 4% mempunyai laju aus tertinggi. Hal ini terjadi karena adanya retak pada fasa Al3Ni yang menyebabkan logam ini menjadi lebih mudah dierosi.