COVER Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 2 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Auliansah Hafiz
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Auliansah Hafiz
PUBLIC Alice Diniarti
Dalam dunia otomotif, material yang ringan dan kuat sering dicari untuk
meningkatkan efisiensi energi yang digunakan. Selain dari ringan dan kuat,
material tersebut harus mempunyai ketahanan erosi yang cukup baik karena
banyaknya partikel abrasif yang dapat meguras permukaan komponen. Dengan
memadukan aluminium dan nikel, kekuatan dari logam tersebut meningkat dan
lebih tahan erosi sehingga paduan ini dapat menjadi material alternatif untuk
komponen kendaraan.
Spesimen yang digunakan pada penelitian ini adalah paduan aluminium dan
nikel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh dari
penambahan nikel terhadap sifat dan ketahanan erosi aluminium. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan spesimen Al, Al-Ni, Al-Ni rolled 4% dan diuji
dengan menggunakan pengujian air jet erosion. Hasil dari pengujian ini berupa
pengurangan berat logam dan akan dikonversikan menjadilaju aus.
Hasil dari pengujian ini adalah Al-Ni alloy mempunyai nilai laju aus yang
terkecil dan Al-Ni rolled 4% mempunyai nilai laju aus yang terbesar. Paduan Al-
Ni mempunyai laju aus yang terkecil karena adanya fasa Al3Ni pada logam yang
membuat logam menjadi lebih keras sehingga partikel alumina sulit untuk
mengikis permukaan logam tersebut. Sedangkan logam Al-Ni rolled 4%
mempunyai laju aus tertinggi. Hal ini terjadi karena adanya retak pada fasa Al3Ni
yang menyebabkan logam ini menjadi lebih mudah dierosi.