2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-COVER
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_1
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_2
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_3
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_4
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_5
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_6
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-PUSTAKA
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Sebuah pesawat kecil jenis Fletcher FU24-950 mengalami kecelakaan fatal
saat menyebar pupuk di perkebunan kelapa sawit. Pesawat ini membawa seorang
pilot dan 1000kg pupuk. Pesawat tersebut hancur dan pilotnya meninggal.
Kemudian, komponen dari pesawat tersebut yang menjadi objek penelitian adalah
struktur wingspar karena sayap pesawat tersebut sudah mengalami kerusakan saat
kecelakaan ini. Sebelumnya, sayap pesawat tersebut terbentur tiang kayu saat
terjadi badai. Wingspar mengalami buckling di spar shear-web dan stiffener. Oleh
karena itu, wingspar yang telah mengalami buckling dan yang patah pada
kecelakaan tersebut dibawa ke laboratorium untuk penelitian lebih lanjut.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengungkap modus kegagalan yang ada
di wingspar tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara
membandingkan bentuk kegagalan yang ada di struktur wingspar tersebut dengan
bentuk kegagalan yang akan terjadi bila struktur wingspar tersebut mengalami
kondisi pembebanan yang berbeda. Kondisi-kondisi beban tersebut antara lain
beban saat terbang, saat mendarat, saat menabrak sesuatu, dan saat kejatuhan
sesuatu.
Setelah membandingkan bentuk kegagalan tersebut, maka dapat diambil
kesimpulan yang merupakan modus kegagalan dari struktur wingspar tersebut.
Struktur wingspar mengalami patah statik 45° di bagian spar cap atas, spar cap
bawah, dan shear-web akibat beban tarik yang disebabkan oleh bending saat
sayap pesawat menabrak pohon sebelum akhirnya jatuh di kebun kelapa sawit