digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-COVER
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_1
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_2
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_3
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_4
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_5
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-BAB_6
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

2009_TA_PP_YADI_ANRIANA_HENDARSYAH_1-PUSTAKA
Terbatas  Yanti Sri Rahayu, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Sebuah pesawat kecil jenis Fletcher FU24-950 mengalami kecelakaan fatal saat menyebar pupuk di perkebunan kelapa sawit. Pesawat ini membawa seorang pilot dan 1000kg pupuk. Pesawat tersebut hancur dan pilotnya meninggal. Kemudian, komponen dari pesawat tersebut yang menjadi objek penelitian adalah struktur wingspar karena sayap pesawat tersebut sudah mengalami kerusakan saat kecelakaan ini. Sebelumnya, sayap pesawat tersebut terbentur tiang kayu saat terjadi badai. Wingspar mengalami buckling di spar shear-web dan stiffener. Oleh karena itu, wingspar yang telah mengalami buckling dan yang patah pada kecelakaan tersebut dibawa ke laboratorium untuk penelitian lebih lanjut. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengungkap modus kegagalan yang ada di wingspar tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara membandingkan bentuk kegagalan yang ada di struktur wingspar tersebut dengan bentuk kegagalan yang akan terjadi bila struktur wingspar tersebut mengalami kondisi pembebanan yang berbeda. Kondisi-kondisi beban tersebut antara lain beban saat terbang, saat mendarat, saat menabrak sesuatu, dan saat kejatuhan sesuatu. Setelah membandingkan bentuk kegagalan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan yang merupakan modus kegagalan dari struktur wingspar tersebut. Struktur wingspar mengalami patah statik 45° di bagian spar cap atas, spar cap bawah, dan shear-web akibat beban tarik yang disebabkan oleh bending saat sayap pesawat menabrak pohon sebelum akhirnya jatuh di kebun kelapa sawit