digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_EKA_PUSPITA_ABSTRAK.pdf
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 1 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 2 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 3 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 4 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 5 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 6 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira

DAFTAR Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira


2019 TS PP EKA PUSPITA_JURNAL.pdf?
PUBLIC Yoninur Almira

Perkembangan pusat ibu kota Jakarta sebagai daerah komersial yang diiringi dengan perkembangan wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sebagai tempat tinggal memberikan pengaruh yang sangat besar kepada sistem transportasi perkotaan. Salah satu faktor penyebab terjadinya kemacetan di Jakarta adalah tingginya tingkat penggunaan kendaraan pribadi di jalanan ibu kota. Salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pembatasan kendaraan yang masuk ke wilayah kota Jakarta. Sejak pertengahan tahun 2016, bus Transjakarta masuk ke Kota Tangerang Selatan sebagai angkutan umum pengumpan. Pertumbuhan penumpang bus Transjakarta BSD tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Munculnya bus Transjakarta BSD tidak diiringi dengan sarana pendukung seperti terminal yang dilengkapi dengan parkir, sehingga tingkat penggunaan bus masih kecil. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan bus Transjakarta BSD perlu didukung oleh pembangunan Park and Ride. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal (bus Transjakarta BSD). Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu mengidentifikasi karakteristik parkir yang tersedia di dekat terminal bus Transjakarta BSD, mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi pengguna bus Transjakarta BSD yang menggunakan parkir Giant Hypermarket BSD, mengidentifikasi karakteristik perjalanan pengguna bus Transjakarta BSD yang menggunakan parkir Giant Hypermarket BSD, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal (bus Transjakarta BSD) dengan menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal (bus Transjakarta BSD) diantaranya dari karakteristik parkir terdiri dari faktor lama parkir (0,007), biaya parkir (0,029), kemudahan memperoleh parkir (0,029), dan kenyamanan parkir (0,015); dari karakteristik sosial ekonomi terdiri dari faktor jenis pekerjaan (0,026) dan pendapatan (0,020); serta karakteristik perjalanan terdiri dari faktor maksud perjalanan (0,031) dan biaya dari halte pemberhentian menuju tempat tujuan (0,039). Dari faktor tersebut, faktor biaya dari halte pemberhentian menuju tempat tujuan memiliki pengaruh paling besar terhadap penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal (bus Transjakarta BSD).