2019_TS_PP_EKA_PUSPITA_ABSTRAK.pdf
PUBLIC Yoninur Almira BAB 1 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira BAB 2 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira BAB 3 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira BAB 4 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira BAB 5 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira BAB 6 Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira DAFTAR Eka Puspita
PUBLIC Yoninur Almira 2019 TS PP EKA PUSPITA_LAMPIRAN.pdf)u
PUBLIC Yoninur Almira 2019 TS PP EKA PUSPITA_JURNAL.pdf?
PUBLIC Yoninur Almira
Perkembangan pusat ibu kota Jakarta sebagai daerah komersial yang diiringi
dengan perkembangan wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sebagai
tempat tinggal memberikan pengaruh yang sangat besar kepada sistem
transportasi perkotaan. Salah satu faktor penyebab terjadinya kemacetan di Jakarta
adalah tingginya tingkat penggunaan kendaraan pribadi di jalanan ibu kota. Salah
satu strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan
pembatasan kendaraan yang masuk ke wilayah kota Jakarta. Sejak pertengahan
tahun 2016, bus Transjakarta masuk ke Kota Tangerang Selatan sebagai angkutan
umum pengumpan. Pertumbuhan penumpang bus Transjakarta BSD tidak
menunjukkan peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Munculnya bus
Transjakarta BSD tidak diiringi dengan sarana pendukung seperti terminal yang
dilengkapi dengan parkir, sehingga tingkat penggunaan bus masih kecil. Oleh
karena itu, peningkatan kualitas pelayanan bus Transjakarta BSD perlu didukung
oleh pembangunan Park and Ride.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal (bus
Transjakarta BSD). Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu
mengidentifikasi karakteristik parkir yang tersedia di dekat terminal bus
Transjakarta BSD, mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi pengguna bus
Transjakarta BSD yang menggunakan parkir Giant Hypermarket BSD,
mengidentifikasi karakteristik perjalanan pengguna bus Transjakarta BSD yang
menggunakan parkir Giant Hypermarket BSD, dan mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan
umum massal (bus Transjakarta BSD) dengan menggunakan analisis regresi
logistik.
Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan
terhadap penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal
(bus Transjakarta BSD) diantaranya dari karakteristik parkir terdiri dari faktor
lama parkir (0,007), biaya parkir (0,029), kemudahan memperoleh parkir (0,029),
dan kenyamanan parkir (0,015); dari karakteristik sosial ekonomi terdiri dari
faktor jenis pekerjaan (0,026) dan pendapatan (0,020); serta karakteristik
perjalanan terdiri dari faktor maksud perjalanan (0,031) dan biaya dari halte
pemberhentian menuju tempat tujuan (0,039). Dari faktor tersebut, faktor biaya
dari halte pemberhentian menuju tempat tujuan memiliki pengaruh paling besar
terhadap penggunaan Park and Ride sebagai pendukung angkutan umum massal
(bus Transjakarta BSD).