digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT PRABATECH adalah perusahaan yang bergerak di bidang software development. Saat ini strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT PRABATECH sebatas pada penyampaian dari mulut ke mulut (word of mouth) mengandalkan relasi CEO sehingga jangkauan perusahaan terhadap pelanggan potensial masih terbatas. Untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dibutuhkan strategi pemasaran yang dapat menarik lebih banyak konsumen terhadap produk perusahaan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk PT PRABATECH melalui analisis SWOT dan penyusunan matriks IE. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap beberapa pihak yang mencakup personel PT PRABATECH terkait kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) perusahaan, dan pelanggan pengguna jasa perusahaan software development terkait kebutuhan dan keluhan pelanggan terhadap produk, serta pengumpulan data sekunder dari elemen-elemen di lingkungan eksternal yang mempengaruhi kegiatan bisnis perusahaan terkait peluang dan ancaman. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa PT PRABATECH memiliki kemampuan untuk memperluas market size dilihat dari manajemen keuangan perusahaan yang baik, namun memiliki kendala kekurangan jumlah SDM dan kurangnya kemampuan SDM yang tersedia. Berdasarkan analisis eksternal, tren digitalisasi di masyarakat dan meningkatnya jumlah usaha kecil dan menengah di bidang e-commerce dapat menjadi peluang PT PRABATECH untuk memperluas market size yang dimiliki saat ini. Strategi pemasaran yang dikembangkan meliputi pembuatan produk spesialisasi UMKM, menentukan harga yang sesuai dengan fitur yang ditawarkan per produk, melakukan promosi secara formal, dan menempatkan perusahaan di komunitas yang relevan.