digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_Thariq_Azizi_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman

Industri semen di Indonesia mengalami penurunan dikarenakan terjadinya oversupply sejak tahun 2015. Hal tersebut mengakibatkan penurunan revenue pada berbagai perusahaan semen di Indonesia. PT Renover Mixindo Perkasa merupakan salah satu perusahaan semen instan di Indonesia yang mengalami hal serupa. Namun demikian, PT Renover Mixindo Perkasa memasuki industri dengan niche market yaitu pada industri semen instan. Industri semen instan sendiri masih berkembang dan pasarnya masih terbuka luas. Hal tersebut yang menjadi dasar bagi PT Renover Mixindo Perkasa untuk menentukan strategi bisnis apa yang tepat agar dapat bersaing di industri ini. Analisis dilakukan secara eksternal dan internal dimana pengambilan keputusan bisnis menggunakan IFAS, EFAS, IE Matriks, TOWS Matriks dan Hambrick Diamond. Melalui analisis internal dan eksternal ditemukan bahwa industri semen instan sendiri masih terkonsentrasi di perkotaan besar. Hal tersesbut menunjukan bahwa pasar semen instant belum terbentuk secara keseluruhan dan masih pada tahapan introduction. Secara internal, PT Renover Mixindo Perkasa mengalami masalah pada pemilihan konsumen mereka. Fokus terhadap pelanggan proyek saja ternyata tidak cukup. PT Renover Mixindo Perkasa secara umum belum memiliki bisnis strategi yang jelas kemana arah perusahaan ini akan bergerak. Melalui IFAS, EFAS, IE Matriks, TOWS Matriks dan Hambrick Diamond diperoleh bahwa PT Renover Mixindo perlu berfokus terhadap dua pelanggan yaitu pelanggan proyek dan individu dengan proporsi yang sesuai. Hal tersebut dilakukan karena pada suatu titik PT Renover Mixindo Perkasa tidak akan bisa bertahan hanya dengan satu jenis pelanggan bila pesaing dengan capital besar masuk di Industri ini. PT Renover Mixindo Perkasa perlu melakukan penetrasi dan pengembangan pasar dengan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, PT Renover Mixindo Perkasa pun perlu berfokus terhadap pembangunan jalur distribusi perusahaan. Strategi bisnis yang diusulkan secara economi logic merupakan strategi yang layak dengan nilai NPV yang positif. Strategi tersebut merupakan strategi jangka panjang dengan asumsi selama 5 tahun kedepan. Adapun perhitungan economic logic pada strategi yang diusulkan merupakan target PT Renover Mixindo Perkasa untuk dapat bertahan di industri ini.