digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis penerbitan buku di Indonesia saat ini mengalami berbagai periode dan fase yang dipengaruhi oleh globalisasi dan perkembangan teknologi. Di masa lalu, SBA cukup populer di kalangan konsumen pada waktu itu dan mampu mendominasi pasar. Namun belakangan ini seiring dengan munculnya beberapa pesaing baru dalam ruang lingkup bisnis yang sama membuat produk SBA tidak lagi mampu mendominasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama penurunan laba penjualan, mengeksplorasi faktor-faktor pembeda agar berhasil, merencanakan tahap-tahap untuk memenangkan persaingan, dan memberikan strategi kepada SBA untuk meningkatkan permintaan dan pendapatan mereka. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja konseptual untuk memandu mereka dalam pengumpulan data dan analisis mereka secara umum. Penelitian ini menggunakan solusi kerangka kerja dalam bentuk strategi pemasaran yang meliputi Strategi Harga, Produk, Promosi, dan Penempatan (4P) dan pengembangan produk yang mencakup branding dan pengemasan. Juga menggunakan kerangka Porter's 5 Forces untuk mengklasifikasi dan menganalisis persaingan. Berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE Matrix, PT SBA terletak di sel nomor IV “Grow and Build”. Strategi yang tepat untuk SBA adalah gerakan strategi intensif, seperti: penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Karakteristik segmen SBA cukup mirip dengan beberapa karakteristik pesaing.