2019_TA_PP_MIKA_REKSOWARDOJO_1.pdf
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
COVER Mika Reksowardojo
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 1 Mika Reksowardojo
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
BAB 2 Mika Reksowardojo
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 3 Mika Reksowardojo
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 4 Mika Reksowardojo
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 5 Mika Reksowardojo
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos PUSTAKA Mika Reksowardojo
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Kekacauan dan ketertiban merupakan dua sifat yang kerap kita temui sehari-hari. Keduanya
seperti dua sisi koin yang hadir dalam setiap individu. Dalam lingkungan domestik, penulis
merasakan kuatnya preferensi atas ketertiban dibandingkan dengan kekacauan. Pengalaman
tersebut kembali penulis temukan dalam praktik seni grafis, dimana ketertiban seringkali
mengekang kekacauan untuk kebutuhan teknis. Pola tersebut semakin terasa ketika penulis
mengelaborasi obyek representasi, pola ini menyebabkan meredupnya spontanitas yang
diperoleh selama proses menggrafis. Muncul keinginan dalam diri penulis untuk beralih dari
obyek representasi menuju abstraksi, dengan harap abstraksi mampu mewadahi gerak intuisi
dan spontanitas. Karya Tugas Akhir ini dikerjakan atas kesadaran-kesadaran tersebut. Penulis
menggunakan seni grafis teknik cukil kayu sebagai sebuah sistem yang generatif. Sistem
tersebut dipadukan dengan elemen peluang baik dalam proses pembuatan maupun ketika
dipajang secara rampak. Peluang digunakan sebagai pemicu spontanitas dan elemen acak
yang dekat dengan kekacauan. Sistem ini menjadi sebuah wadah bagi interaksi antar
kekacauan maupun ketertiban.