2018_TS_PP_HANNAN_1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC  COVER Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 1 Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 2 Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 3 Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 4 Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 5 Hannan
PUBLIC yana mulyana BAB 6 Hannan
PUBLIC yana mulyana PUSTAKA Hannan
PUBLIC yana mulyana
Peredaran obat ilegal dan penyalahgunaan obat pada komunitas Sekolah Dasar di
Indonesia semakin masif dan memprihatinkan. Wujud inovasi untuk memproteksi
siswa SD dari peredaran obat ilegal dan penyalahgunaan obat yaitu melalui
kolaborasi pihak akademisi Institut Teknologi Bandung dengan pihak profesional
BPOM di Palu berupa edukasi anti penyalahgunaan obat kepada siswa SD melalui
media kartu kuartet. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi
tersebut terhadap pengetahuan anti penyalahgunaan obat siswa kelas lima SD di
Kota Palu. Metode penelitian menggunakan preexperimental design dengan
rancangan one group pretest-posttest terhadap tiga SD yang merupakan
perwakilan dari tiga rangking yaitu; baik, cukup baik dan kurang baik berdasarkan
hasil Cerdas Cermat BPOM Di Palu tingkat SD sederajat tahun 2017. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Observasi pengetahuan
siswa SD menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas di luar
populasi penelitian. Pretest dan posttest dilakukan sebelum dan setelah edukasi.
Komparasi data pretest dan posttest pada masing-masing SD dianalisis
menggunakan uji T berpasangan sedangkan untuk data seluruh SD dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon dengan hipotesis ada pengaruh edukasi anti
penyalahgunaan obat melalui media kartu kuartet terhadap pengetahuan anti
penyalahgunaan obat siswa kelas lima SD di Kota Palu. Hasil penelitian
menunjukkan ada pengaruh edukasi terhadap pengetahuan anti penyalahgunaan
obat pada siswa kelas lima dari SD perwakilan rangking baik dan cukup baik
dengan nilai p masing-masing sebesar 0,005 dan p ?0,001, sedangkan pada SD
perwakilan ranking kurang baik, edukasi tersebut tidak memberikan pengaruh
terhadap pengetahuan mereka dengan nilai p sebesar 0,149. Analisis uji Wilcoxon
pada siswa dari seluruh SD menunjukkan nilai p ?0,001 yang berarti edukasi
memberikan pengaruh terhadap pengetahuan siswa kelas lima SD di Kota Palu.