Kebutuhan akan keahlian dan kemampuan Bahasa asing di era globalisasi semakin hari
semakin meningkat. Dengan semakin terbukanya pasar persaingan ekonomi dan partisipasi
lembaga pendidikan secara internasional, pembelajaran Bahasa asing tengah menjadi modal
yang penting bagi individu untuk dapat bersaing dan berpartisipasi dalam kancah
internasional. TEST-English School datang untuk menjawab permasalahan masyarakat,
khususnya dalam hal keahlian berbahasa Inggris. TEST-English School merupakan
lembaga kursus Bahasa inggris yang berdiri sejak tahun 2013 dan beroperasi di wilayah
Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur. Dengan makin meningkatnya kesadaran
masyarakat akan kebutuhan keahlian berbahasa inggris dan diikuti dengan pergerakan
industry lembaga pendidikan yang responsif, persaingan lembaga kursus Bahasa inggris di
Pare semakin kompetitif. Hal ini mendorong TEST-English School untuk tetap terus
berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar dapat terus bertahan dan bertumbuh di
dalam industri.
Studi ini melakukan beberapa pengujian analisis terkait dengan model strategi bisnis
TEST-English School yang telah dilakukan selama ini. Dengan menggunakan alat analisis
SWOT, EFAS, IFAS dan SFAS, penulis telah mengidentifikasi beberapa kelemahan pada
model bisnis lama yang dapat diperbaiki dan dikembangkan untuk mendapatkan kinerja
organisasi yang maksimal. Dari hasil analisis, penulis telah mengembangkan dan
mengajukan model strategi bisnis baru yang diharapkan akan meningkatkan kinerja
organisasi di masa yang akan datang. Terdapat tiga aspek yang perlu dilakukan investasi
untuk meningkatkan kinerja: pemasaran, operasi dan keuangan. Model strategi bisnis ini
juga telah didukung dengan hasil proyeksi kinerja keuangan organisasi yang menunjukan
adanya tambahan keuntungan yang dapat diperoleh organisasi dengan menerapkan model
strategi bisnis baru ini. Dari hasil studi, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan
melakukan investasi pada aspek pemasaran, operasi dan keuangan, TEST-English School
akan mendapatkan tambahan keuntungan dan potensi pertumbuhan di masa yang akan
datang.