Article Details

PROPOSED BUSINESS STRATEGY FOR TEST-ENGLISH SCHOOL

Oleh   Arsyandi Mulia [29117277]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Yulianto Suharto PharmD, MBA, MSc
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Model bisnis canvas; Strategi bisnis; EFAS; IFAS; SFAS; Strategi roadmap framework
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-02-04 13:58:33

Kebutuhan akan keahlian dan kemampuan Bahasa asing di era globalisasi semakin hari semakin meningkat. Dengan semakin terbukanya pasar persaingan ekonomi dan partisipasi lembaga pendidikan secara internasional, pembelajaran Bahasa asing tengah menjadi modal yang penting bagi individu untuk dapat bersaing dan berpartisipasi dalam kancah internasional. TEST-English School datang untuk menjawab permasalahan masyarakat, khususnya dalam hal keahlian berbahasa Inggris. TEST-English School merupakan lembaga kursus Bahasa inggris yang berdiri sejak tahun 2013 dan beroperasi di wilayah Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur. Dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan keahlian berbahasa inggris dan diikuti dengan pergerakan industry lembaga pendidikan yang responsif, persaingan lembaga kursus Bahasa inggris di Pare semakin kompetitif. Hal ini mendorong TEST-English School untuk tetap terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar dapat terus bertahan dan bertumbuh di dalam industri. Studi ini melakukan beberapa pengujian analisis terkait dengan model strategi bisnis TEST-English School yang telah dilakukan selama ini. Dengan menggunakan alat analisis SWOT, EFAS, IFAS dan SFAS, penulis telah mengidentifikasi beberapa kelemahan pada model bisnis lama yang dapat diperbaiki dan dikembangkan untuk mendapatkan kinerja organisasi yang maksimal. Dari hasil analisis, penulis telah mengembangkan dan mengajukan model strategi bisnis baru yang diharapkan akan meningkatkan kinerja organisasi di masa yang akan datang. Terdapat tiga aspek yang perlu dilakukan investasi untuk meningkatkan kinerja: pemasaran, operasi dan keuangan. Model strategi bisnis ini juga telah didukung dengan hasil proyeksi kinerja keuangan organisasi yang menunjukan adanya tambahan keuntungan yang dapat diperoleh organisasi dengan menerapkan model strategi bisnis baru ini. Dari hasil studi, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan melakukan investasi pada aspek pemasaran, operasi dan keuangan, TEST-English School akan mendapatkan tambahan keuntungan dan potensi pertumbuhan di masa yang akan datang.