digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-COVER.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_1.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_II.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_III.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_IV.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_V.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_VI.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-BAB_VII.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_SIGIT_PRAKARSA_UTOMO_1-PUSTAKA.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan material komposit dalam perancangan komponen utama pesawat seperti fuselage semakin meningkat untuk menjawab tantangan menghasilkan pesawat yang ringan dan aman. Selain menghasilkan struktur fuselage yang ringan dan aman, tantangan lainnya dalam perancangan struktur fuselage adalah perancangan pada daerah sekitar door opening untuk jalur akses keluar masuk penumpang. Adanya opening pada struktur dapat menyebabkan penurunan kekakuan struktur dan timbulnya daerah dengan konsentrasi tegangan di sekitar opening. Karena itu, perlu dirancang struktur penguat di sekitar bukaan pintu pesawat yang berfungsi meningkatkan kekakuan fuselage, meredistribusi beban yang terjadi di sekitar door opening dan juga sebagai tumpuan untuk engsel dan stopper bagi pintu penumpang. Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah melakukan perancangan awal struktur utama fuselage (skin panel, stringer, dan frame) dengan material komposit dan struktur door reinforcement di sekitar pintu penumpang pesawat konseptual I-52 Asha Patangga yang aman dan ringan. Struktur fuselage dirancang harus mampu menahan 2 kasus pembebanan : kasus kombinasi beban limit pressurization load dengan 1g symmetric maneuver load dan kasus kombinasi beban limit symmetric maneuver load dengan beban operating pressure difference. tanpa mengalami kegagalan statik, kegagalan buckling, dan deformasi lebih dari 3 mm pada door reinforcement structure. Perancangan dilakukan dengan menentukan konfigurasi dan ukuran struktur di mana struktur utama fuselage dengan materal komposit akan dirancang terlebih dahulu sebelum dilakukan perancangan door reinforcement structure. Analisis elemen hingga menggunaakan ANSYS 17.1 dilakukan untuk mengecek kemampuan struktur dalam menahan beban yang dispesifikasikan. Setelah dilakukan satu kali iterasi desain, diperoleh struktur yang aman dalam menahan kedua kasus pembebanan yang dispesifikasikan dengan berat total 136.9 kg.