Penelitian ini mengkaji produk baru PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)
pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV) yaitu Mitsubishi Xpander. Persaingan pada
segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV) tinggi, sudah ada beberapa perusahaan otomotif yang
telah memiliki produk pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV) seperti PT. Toyota Astra
Motor, PT. Suzuki Indomobil Motor, PT. Nissan Motor Indonesia, PT. Astra Daihatsu Motor, PT.
Honda Prospect Motor. selain menghadapi pesaing yang ada, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha
Sales Indonesia (MMKSI) juga harus menghadapi pesaing baru yaitu PT SGMW Motor Indonesia
yang berpotensi untuk mengganggu penjualan Mitsubishi Xpander. Selain itu total penjualan
kendaraan pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV) dalam rentang waktu 5 tahun yang lalu
(2012 - 2017) mengalami tren penurunan dikarenakan salah satu faktornya yaitu munculnya segment
kendaraan baru yaitu segment Low Cost Green Car (LCGC) dan Low Sport Utility Vehicle (LSUV),
hal ini mempengaruhi penurunan penjualan pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV).
dengan kondisi seperti ini maka diperlukan beberapa alternatif strategi marketing agar dapat bersaing
dengan para pesaing pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV).
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan beberapa kerangka konseptual seperti
Internal Factor Analysis Framework (Current STP, Marketing Mix 4p), External Factor Analysis
(PESTEL, Porter's Five Forces, Competitor Analysis, Customer Analysis), Root Cause Analysis dan
SWOT Analysis.
Setelah dilakukan analisis maka dihasilkan beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan sehingga
diharapkan dapat meningkatkan penjualan unit Mitsubishi Xpander serta dapat bersaing dengan para
pesaing pada segment Low Multipurpose Vehicle (LMPV).