digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Syar’i's Cool adalah toko online fashion Muslimah yang menjual berbagai jenis kebutuhan sehari-hari Muslimah seperti kerudung dan pakaian, yang berbasis di Jakarta. Didirikan pada pertengahan tahun 2013. Perusahaan menghadapi penurunan omzet di tahun 2017, sehingga di Mei 2018 perusahaan memutuskan untuk tutup sementara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat dari target pasar sehingga Syar’i’s Cool dapat membuat keputusan dan langkah berikutnya untuk mengembangkan Syar’i’s Cool dengan menggunakan Instagram sebagai e-commerce. Terdapat dua analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis internal dan eksternal, dan akan menemukan beberapa akar masalah. Penelitian ini menggunakan analisis Segmenting, Targeting, and Positioning, Marketing Mix 4Ps, PESTEL, Lima Keuatan Porter, analysis pesaing, dan analisis SWOT. Penerapan strategi sebagai solusi bisnis merupakan kombinasi dari analisis SWOT dari peneliti dan hasil responden dari kuesioner yang dianalisis ke dalam matriks TOWS. Berdasarkan analisis akar masalah, penjualan yang dihadapi Syar'i Cool menurun karena variasi produk yang rendah, pendatang baru yang tinggi dalam ranah mode Muslimah, kegiatan pemasaran tidak terorganisir dengan baik, dan kurangnya peningkatan dalam konten promosi. Hasil dari penelitian ini ditulis ke dalam strategi pemasaran yang diusulkan untuk Syar’i's Cool diantaranya adalah promosi, menjalankan survei online, media sosial, dan pengembangan produk. Semua strategi akan dilaksanakan dengan menggunakan kerangka waktu dalam rencana penerapan.