digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Yunia_Isnaeni_25715304_ABSTRAK.pdf
Terbatas Asep Kusmana
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Kota Bogor merupakan wilayah yang terletak 60 Kilometer dari Ibukota Negara, Jakarta, dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Imbas kepadatan penduduk di jakarta sangat dirasakan Kota Bogor yang terus meningkat hingga 2.38% pertahun (BPS, 2018). Penduduk yang padat dalam suatu kota merupakan salah satu pertimbangan sebuah kota untuk memikirkan timbulan limbah cair yang dihasilkan oleh warganya. Memiliki sebuah instalasi pengelolaan air limbah terpusat merupakan salah satu pemecahan terbaik bagi wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Kota Bogor baru memiliki satu IPAL yaitu IPAL Tegal Gundil yang dibangun pada tahun 1998 dan memiliki kapasitas 250 m³/hari. IPAL ini direncanakan memiliki 600 SR dalam perencanaan awal untuk melayani dua kelurahan, yaitu Kelurahan Bantarjati dan Tegal Gundil. 20 tahun setelah pembangunan, tercatat pada bulan Desember 2018 baru tersambung sebanyak 422 SR. Penyebaran Kuesioner dengan metodologi sampling kepada masyarakat di kedua wilayah terlayani tersebut diharapkan dapat mengetahui strategi apa yang harus dilakukan pemerintah Kota Bogor dalam menambah pelayanan IPAL Tegal Gundil tersebut dari aspek teknis, kelembagaan, peraturan, pembiayaan, maupun sosial. Hasil penyebaran kuesioner masyarakat di olah menggunakan program SPSS 22. Kontribusi pembiayaan dari masyarakat didapatkan dari peraturan UPTD PAL Kota Bogor yang menetapkan retribusi sebesar 70% dari jumlah kubikasi penggunaan air PDAM pada bulan berjalan dengan satuan Rp 600,-/kubik. Dari hasil perhitungan ATP dan WTP terhadap tarif retribusi yang berlaku dapat ditingkatkan hingga 5 (lima) kali lipat . Dengan menggunakan metode SWOT diperoleh wilayah cakupan pelayanan berada pada kuadran 4 (empat), yaitu memaksimalkan kekuatan yang ada digunakan untuk menekan ancaman pada potensi pengembangan pelayanan di IPAL Tegal Gundil, sehingga didapatkan langkah dan strategi apa saja yang digunakan untuk dapat mengembangkan pelayanan IPAL Tegal Gundil secara berkelanjutan.