digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ayo Liburan adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pariwisata, khususnya penyedia paket wisata dan pemandu liburan. Usaha ini didirikan pada tahun 2016, dimana paket wisata pertama yang tersedia yaitu untuk destinasi Karimunjawa. Hingga saat ini Ayo Liburan telah memiliki 3 destinasi yaitu Karimunjawa, Labuan Bajo dan Sumba dengan berbagai macam paket wisata yang berbeda. Saat ini terjadi peningkatan dalam jumlah kunjungan wisata serta kebutuhan akan paket-paket wisata ke Indonesia, namun itu juga mengakibatkan bertambahnya biro travel baru yang menyediakan paket-paket wisata. Meskipun begitu Indonesia masih menyimpan begitu banyak destinasi yang dapat di eksplorasi sebagai destinasi wisata, Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri menunjukan bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Luas wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 laut, dan 2,55 juta km2 dari Zona Ekonomi Khusus (KEK). Indonesia adalah negara dengan luas lebih besar dari luas daratan, maka Indonesia disebut negara maritime. Potensi tersebut sangat mendukung untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produk baru yang sesuai, beberapa metode telah diterapkan dalam tulisan ini. Metode yang pertama adalah studi literatur untuk memperoleh landasan teoritis yang berkaitan dengan keadaan lokasi dan kesesuaian lokasi berdasarkan ekologi. Hasil dari metode ini adalah informasi teoritis mengenai kondisi lingkungan, sumberdaya alam, dan juga gambaran kesesuaian lokasi sebagai destinasi wisata bahari. Metode yang kedua adalah dengan survey langsung ke lokasi. Hasil dari metode ini adalah profil lokasi, rekanan bisnis dan juga gambaran untuk paket. Setelah itu dilakukan analisis secara internal dan eksternal untuk mengetahui kondisi internal dari Ayo Liburan dan juga perkembangan di eksternal melalui kondisi bisnis di bidang pariwisata. Analisis ini bertujuan untuk menentukan strategi yang akan diambil ketika mengeluarkan produk baru. Hasil dari analisis yang telah dilakukan melahirkan strategi untuk pengembangan produk yang baru bagi Ayo Liburan, dituangkan dalam bentuk business model canvas. Produk baru dari Ayo Liburan yang akan dikembangkan dari destinasi yang telah dianalisis dalam kasus ini Pulau Parang adalah sebuah paket open trip yang kemudian di implementasikan dalam bentuk rencana jangka pendek Ayo Liburan.