digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di zaman perkembangan teknologi saat ini, segala informasi dapat diakses dan dikonsumsi dalam waktu yang sangat singkat dan dapat diakses oleh semua orang, tanpa batasan usia dan tempat. Semua disiplin ilmu and praktek bisnis pun mulai berubah secara besar-besaran. La Vinds Interior pun dapat meningkatkan brand awareness di Pekanbaru dengan peluang ini. La Vinds Interior menggunakan offline marketing, yaitu word-of-mouth. Ditambah belum ada strategi branding yang dapat mengutilisasikan kolaborasi untuk meningkatkan brand awareness secara tatap muka atau pengalaman dan strategi branding untuk media sosial. Metode penelitian yang akan digunakan untuk menyelidiki kemungkinan-kemungkinan untuk memperbaharui strategi branding adalah dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik La Vinds Interior dan dengan expert interview untuk mewawancarai ahli yang bergerak dalam usaha sejenis maupun bekerja di organisasi terkait usaha dan perusahaan. Metode kualitatif yang digunakan adalah survei Interior mengenai bagaimana klien-klien La Vinds mengetahui dan mempersepsikan merek La Vinds Interior sebelum menggunakan jasanya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat celah yang dapat digunakan untuk membuat strategi branding yang baru, baik itu untuk offline maupun online. Didapatkan bahwa metode branding yang digunakan dan mendatangkan lebih banyak klien baru adalah dengan word-of-mouth dan media sosial. Perspesi mengenai merek La Vinds Interior pun sejalan dengan apa yang ditargetkan oleh firma desain tersebut. Dan berdasarkan wawancara yang dilakukan, kolaborasi dapat berpotensi mendatangkan klien-klien baru di Pekanbaru karena belum banyak perusahaan sejenis menggunakan kolaborasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan strategi branding untuk meningkatkan brand awareness La Vinds Interior secara online and offline. Strategi pertama adalah dengan strategi konten, di mana konten yang akan dikirimkan di media sosial dikonsepkan untuk menstimulasi interaksi antar audiens dan La Vinds Interior. Sedangkan untuk meningkatkan brand awareness secara offline dibuatlah strategi kolaborasi eksibisi eksperiensial, di mana secara fisik masyarakat Pekanabru dapat merasakan kemampuan dan kualitas jasa La Vinds Interior.