digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

STRATEGI PROMOSI DAN REKOMENDASI UNTUK ESCAPE COFFEE GRACE VANIA NIM: 29117252 Tanggal Lulus Ujian Akhir ( 08 / 01 / 2019 ) Tangga Wisuda ( 05 / 04 / 2019 ) Program Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung, 2018 Pembimbing Tugas Akhir: Atik Aprianingsih, ST,MM ,DBA ABSTRAK Laporan ini selain akan membantu saya menyelesaikan proyek akhir, juga untuk menyerahkan analisis dan membantu satu kedai kopi, yang berlokasi di Jakarta Selatan untuk meningkatkan kinerjanya terutama di bidang pemasaran. Saat ini, kita dapat melihat bahwa coffeeshop praktis menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Hampir semua dari kita menggali tempat untuk bertemu orang-orang di luar dan terutama mempostingnya di media sosial. Kita dapat mengatakan bahwa kebutuhan telah bergeser, bahwa nongkrong menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang, baik mereka hanya menyukai tempat, minuman, suasana atau hanya feed media sosial mereka saja. Sebelum ini, hanya ada beberapa coffeeshop yang dapat ditemukan di Jakarta, tetapi hari-hari ini kami kehilangan hitungan. Terlalu banyak. Kemudian saya menemukan coffeeshop khusus yang terletak di jantung kota Jakarta, tetapi belum bekerja dengan penghasilan bulanan mereka. Coffeeshop ini disebut: Escape Coffee, yang terletak di Jl. Dharmawangsa Raya 42, Dharmawangsa, Jakarta. Mereka telah berjalan selama lebih dari 2 tahun sekarang dan masih berjalan tetapi masih tidak mendapat keuntungan sampai sekarang. Untuk saat ini, kopi Escape telah mengalami persaingan selama dua tahun terakhir dengan pesaing mereka. Kopi yang meloloskan diri bukanlah pemimpin pasar, itulah sebabnya mengapa kita perlu membuat strategi unik yang hanya dapat ditemukan di Escape Coffee sehingga akan menjangkau lebih banyak penonton. Biaya operasional coffeeshop ini juga merupakan masalah bagi manajemen. Kekuatan internal dan kelemahan dalam bisnis ini akan dibahas bersama dengan ancaman dan peluang eksternal dalam laporan ini. Laporan ini juga bermaksud untuk memberikan rekomendasi strategis menyeluruh pada Kopi Escape berdasarkan berbagai metode analisis seperti, analisis PEST, SWOT, TOWS Matrix. Oleh karena itu penulis akan mencoba mengusulkan beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh Escape Coffee yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang baru, diantaranya membuat program promosi yang berbeda dan unik, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kualitas minuman (terutama kopi) dan makanan, sehingga membedakan Escape Coffee dengan coffeeshop lainnya. Kata kunci: strategi bisnis, strategi pemasaran, kafe, bauran pemasaran STRATEGI PROMOSI DAN REKOMENDASI UNTUK ESCAPE COFFEE GRACE VANIA NIM: 29117252 Tanggal Lulus Ujian Akhir ( 08 / 01 / 2019 ) Tangga Wisuda ( 05 / 04 / 2019 ) Program Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung, 2018 Pembimbing Tugas Akhir: Atik Aprianingsih, ST,MM ,DBA ABSTRAK Laporan ini selain akan membantu saya menyelesaikan proyek akhir, juga untuk menyerahkan analisis dan membantu satu kedai kopi, yang berlokasi di Jakarta Selatan untuk meningkatkan kinerjanya terutama di bidang pemasaran. Saat ini, kita dapat melihat bahwa coffeeshop praktis menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Hampir semua dari kita menggali tempat untuk bertemu orang-orang di luar dan terutama mempostingnya di media sosial. Kita dapat mengatakan bahwa kebutuhan telah bergeser, bahwa nongkrong menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang, baik mereka hanya menyukai tempat, minuman, suasana atau hanya feed media sosial mereka saja. Sebelum ini, hanya ada beberapa coffeeshop yang dapat ditemukan di Jakarta, tetapi hari-hari ini kami kehilangan hitungan. Terlalu banyak. Kemudian saya menemukan coffeeshop khusus yang terletak di jantung kota Jakarta, tetapi belum bekerja dengan penghasilan bulanan mereka. Coffeeshop ini disebut: Escape Coffee, yang terletak di Jl. Dharmawangsa Raya 42, Dharmawangsa, Jakarta. Mereka telah berjalan selama lebih dari 2 tahun sekarang dan masih berjalan tetapi masih tidak mendapat keuntungan sampai sekarang. Untuk saat ini, kopi Escape telah mengalami persaingan selama dua tahun terakhir dengan pesaing mereka. Kopi yang meloloskan diri bukanlah pemimpin pasar, itulah sebabnya mengapa kita perlu membuat strategi unik yang hanya dapat ditemukan di Escape Coffee sehingga akan menjangkau lebih banyak penonton. Biaya operasional coffeeshop ini juga merupakan masalah bagi manajemen. Kekuatan internal dan kelemahan dalam bisnis ini akan dibahas bersama dengan ancaman dan peluang eksternal dalam laporan ini. Laporan ini juga bermaksud untuk memberikan rekomendasi strategis menyeluruh pada Kopi Escape berdasarkan berbagai metode analisis seperti, analisis PEST, SWOT, TOWS Matrix. Oleh karena itu penulis akan mencoba mengusulkan beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh Escape Coffee yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang baru, diantaranya membuat program promosi yang berbeda dan unik, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kualitas minuman (terutama kopi) dan makanan, sehingga membedakan Escape Coffee dengan coffeeshop lainnya.