Article Details

PROPOSED INFLUENCER MARKETING STRATEGY USING YOUTUBE FOR PROMOTION (CASE STUDY: KERTAJATI INTERNATIONAL AIRPORT)

Oleh   Ayu Kusuma Ning Dewi [29115554]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dedy Sushandoyo, S.T., M.Sc.Eng., M.A.Sc., Ph.D.
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-01-10 13:19:49

Bandara Internasional Kertajati adalah bandara yang terletak 68 KM dari Kota Bandung, berlokasi di Majalengka, Jawa Barat. Bandara Internasional Kertajati didirikan oleh Pemerintah Jawa Barat dan dikelola oleh PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT. BIJB). Pada saat ini jumlah pengunjung Bandara Internasional Kertajati masih sedikit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang diindikasikan menjadi penyebabnya adalah aktivitas promosi yang dilakukan oleh PT. BIJB selaku pengelola Bandara Internasional Kertajati masih belum optimal. Belum optimalnya aktivitas promosi yang telah dilakukan oleh PT. BIJB terkait Bandara Internasional Kertajati dibuktikan dengan survey berupa kuesioner. Dari hasil kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 orang, didapatkan hasil bahwa 56% responden tidak mengetahui bandara ini. Mayoritas dari responden tidak mengetahui media sosial dari PT. BIJB selaku pengelola Bandara Internasional Kertajati, tidak pernah membaca berita atau melihat iklan mengenai Bandara Internasional Kertajati, tidak mengetahui website PT. BIJB, dan tidak mengetahui/tidak pernah mengikuti event yang diadakan oleh PT. BIJB. Menurut Katadata dan We Are Social (2018), YouTube merupakan platform sosial media yang paling digemari di Indonesia. Solusi bisnis pada penelitian ini menggunakan framework yang dinamakan 5-Step Influencer Marketing Action Plan. Framework ini terdiri dari Define Online Audiences, Discover The Right Influencers, Monitor Influencers for Opportunities, Take Action and Engage, dan Measure Result. Pada tahap pertama dianalisa sasaran penonton Influencer Marketing. Pada tahap kedua ditentukan siapa influencer yang tepat untuk mempromosikan Bandara Internasional Kertajati melalui YouTube. Dari hasil survey didapat hasil bahwa Raditya Dika merupakan YouTube Influencer favorit, dengan prosentase sebesar 38%. Pada tahapan ketiga dilakukan analisa apakah konten dari influencer yang dipilih cocok untuk mempromosikan Bandara Internasional Kertajati. Pada tahap keempat diusulkan alternatif konten yang tepat untuk mempromosikan Bandara Internasional Kertajati. Pada tahapan kelima, dilakukan pengukuran efektifitas dari strategi Influencer Marketing yang telah dilaksanakan. Untuk mengimplementasikan solusi bisnis pada penelitian ini, dibuat rancangan implementasi dari Influencer Marketing menggunakan YouTube dengan menggunakan Raditya Dika sebagai YouTube Influencer. Rancangan ini terdiri atas 6 video dengan 6-8 tahapan untuk masingmasing video, serta financial plan dengan estimasi biaya total sebesar IDR 870,000,000.