digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

InvesProperti merupakan sebuah start-up yang sedang berkembang dari Bandung yang bergerak pada industri Teknologi Finansial (Fintech) yang memiliki tujuan untuk membuat investasi di bidang properti dapat terjangkau oleh semua kalangan menggunakan mekanisme udunan (crowdfunding). Platform InvesProperti mudah digunakan, terjangkau karena dapat dimulai dengan 1 juta rupiah saja, menguntungkan dan berbasiskan akad/prinsip Syariah. Kondisi internal dan eksternal perusahaan InvesProperti akan dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi InvesProperti saat ini. Kondisi internal perusahaan akan dianalisis menggunakan STP (Segmen, Target, Posisi) yang berfokus pada generasi milenial (milenial akhir) sebagai pasar utama, yang tertarik pada peluang investasi dan analisis BMC (Kanvas Model Bisnis) untuk memetakan proses kegiatan InvesProperti itu sendiri. Di sisi lain, kondisi eksternal perusahaan akan dianalisis menggunakan Analisis Five’s Porter Force, Analisis konsumen dan Analisis kompetitor yang akan menunjukkan kekuatan perusahaan. Setelah memahami kondisi perusahaan saat ini, Analisis Root Cause Problems, Analisis TOWS dengan menggabungan Analisis SWOT dan Analisis Lingkungan Makro juga akan digunakan untuk mengidentifikasi, menyiapkan kekuatan yang dimiliki diantaranya investasi yang mudah digunakan, memiliki resiko rendah dan untung tinggi serta pendirinya memiliki latar belakang dan keahlian dalam industri ini; mengatasi kelemahan perusahaan , menemukan peluang, menentukan strategi baru untuk menjawab mengapa generasi milenial tidak berinvestasi pada platform InvesProperti dan mengatasi beberapa ancaman seperti adanya pesaing baru dan investasi kurang bisa dicairkan dalam waktu dekat. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan oleh InvesProperti untuk mengembangkan bisni dan memenuhi kecocokan pasar. Dan dari semua analisis tersebut, penulis dapat menjelaskan lebih lanjut dalam mengembangkan promosi dan strategi bisnis bagi generasi milenial. Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh InvesProperti untuk menarik minat generasi milenial, diantaranya mendidik mereka tentang pentingnya investasi sedini mungkin khususnya dalam industri properti melalui kanal komunitas InvesProperti sendiri, mengikuti beberapa acara seperti pameran dan kompetisi startup untuk mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan kesadaran brand dari perusahaan, mengembangkan produk yang baik berdasarkan masukan pengguna, memelihara dan mengoptimalkan saluran yang telah dimiliki InvesProperti seperti media sosial dan pemasaran e-mail untuk lebih melibatkan pengguna. Dan jika memungkinkan, menggunakan mikroinfluencer untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dan tetap terhubung tentang informasi mutakhir mengenai regulasi OJK perihal ekuitas secara udunan untuk mendapatkan kepercayaan public