digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

WILLY MAHABI_ 27115023.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kota sebagai pusat dan tempat beraktivitas menimbulkan kepadatan yang tidak dapat dibendung. Semua itu menjadi sebuah tantangan tersendiri, bagaimana masyarakat menemukan tujuannya sendiri di sebuah ruang atau bangunan yang asing bagi mereka. Oleh sebab itu kebutuhan akan sebuah informasi muncul dalam bentuk sebuah sistem yang dinamakan signage. Beberapa tahun terakhir muncul sebuah trend signage di ruang publik kota Bandung yang mengangkat konten informasi berupa identitas yaitu exterior identification signage. Signage tersebut didesain cukup unik karena memiliki ukuran sangat besar dengan warna yang kontras. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari placemaking atau unsur dekoratif pada sebuah ruang. Dalam waktu singkat penerapan konsep desain tersebut bertambah semakin banyak dan seolah dipaksakan menjadi standar dalam sistem informasi bukan hanya pada ruang publik tetapi juga pada bangunan publik di kota Bandung. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pertimbangan pada desain dan fungsi dari exterior identification signage tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan konsep desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik kota Bandung. Kemudian bagaimana pertimbangan desain terhadap fungsi pada desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik kota Bandung, dan selanjutnya adalah bagaimana pandangan masyarakat mengenai penerapan desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik kota Bandung saat ini. Objek pada penelitian ini terdiri dari sepuluh kategori yaitu lima kategori ruang publik dan lima kategori bangunan publik. Batasan terhadap objek penelitian hanya pada desain exterior identification signage yang berhubungan dengan lembaga pemerintahan. Metode pada penelitian ini adalah mengunakan metode campuran (mix method) dengan teknik pengumpulan data kualitatif melalui observasi, wawancara terbuka, dan studi literatur. Sedangkan data kuantitatif melalui wawancara terstruktur dalam bentuk angket. Untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep desain exterior identification signage tersebut dikaji melalui teori signage mulai dari sistem informasi (information), grafis (graphic), dan perangkat keras (hardware), hasil kajian desain tersebut kemudian disesuaikan dengan kriteria fungsi signage yang baik yaitu noticeable, readable, dan informative. Analisis pada penelitian ini juga diperkuat dengan pandangan dari narasumber dibidang arsitektur urban dan juga desain grafis. Setelah itu temuan pada analisis tersebut dikomparasi dengan pandangan masyarakat di kota Bandung mengenai permasalahan penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa tampilan desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik keduanya sebagian besar menggunakan pola konsep desain signage yang sama. Kesamaan konsep desain terdapat pada sistem grafis (graphic) dan perangkat keras (hardware). Selain itu exterior identification signage di kedua tempat tersebut kurang mempertimbangkan aspek fungsi. Sebagian besar desain exterior identification signage yang kurang mempertimbangkan aspek fungsi adalah pada bangunan publik. Hasil analisis pada ketiga kritetia fungsi signage didapatkan bahwa bangunan publik di kota Bandung kurang noticeable, dan kurang readable dibandingkan desain exterior identification signage di ruang publik. Akan tetapi lain halnya dengan pendapat sebagian besar masyarakat di kota Bandung. Penerapan desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik dinilai merupakan objek yang cukup menarik, dan sesuai secara desain juga fungsinya sebagai penanda identitas. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa walaupun hasil analisis menunjukan sebagian besar desain exterior identification signage di ruang publik dan bangunan publik kota Bandung kurang mempertimbangkan aspek desain dan fungsi, namun masyarakat tetap memandang bahwa desain exterior identification signage tersebut sebagai media baru yang menarik perhatian.